SOLOPOS.COM - Waduk Delingan, Karanganyar, menjadi salah satu potensi wisata di Karanganyar. Kawasan Delingan akan dikembangkan sebagai pusat bisnis di Karanganyar. (Kurniawan/JIBI/Solopos).

Solopos.com, KARANGANYAR – Kawasan Delingan akan menjadi pusat bisnis dan perdagangan atau Central Business District (CBD) baru di Kabupaten Karanganyar.

Pengembangan pusat bisnis dan perdagangan ini, seiring bakal dibangunnya Training Camp (TC) untuk atlet National Paralympic Committee (NPC) Indonesia. Pemusatan latihan atlet paralimpiade tersebut dibangun di atas lahan seluas 10 hektare mulai tahun ini.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan peta kawasan Delingan sebagai pusat bisnis dan perdangangan baru tengah disiapkan. Ini sejalan dengan pembangunan training camp atlet NPC Indonesia di kawasan Delingan.

“Delingan itu akan menjadi pusat bisnis baru. Pertumbuhan ekonomi akan berdampak di sana,” kata Juliyatmono dijumpai di sela acara Tasyakuran Indonesia Hattrick Juara Umum ASEAN Para Games di Pendopo R.M. Said Kompleks Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Jumat (7/7/2023) malam.

Pemkab Karanganyar menyambut baik rencana pembangunan TC NPC di Delingan. Pemkab bahkan memberikan dukungan penuh dalam pembangunan tersebut. Salah satunya dengan menyiapkan sarana prasarana infrastruktur pendukung akses jalannya.

Dikatakan Juliyatmono, Pemkab Karanganyar membangun jalan tembus sepanjang hampir 1 km. Jalan tembus ini dibangun dari TC NPC ke jalan raya Karanganyar-Tawangmangu. “Jalan tembus kita bangun untuk memudahkan akses dari TC NPC ke jalan raya Tawangmangu,” kata dia.

Pengerjaan pembangunan jalan tembus telah dimulai dilakukan. Dalam pengerjaannya, Pemkab juga meminta bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Selain ada sedikit pembebasan lahan juga anggaran diperuntukkan pembangunan jembatan di sana.

Sejauh ini, Juliyatmono mengatakan proses pembebasan lahan telah selesai. Sehingga pembangunan jalan tembus untuk memudahkan akses atlet NPC ini, tidak menemui kendala, baik teknis maupun nonteknis di lapangan.

“Hanya sedikit pembebasan lahan milik masyarakat. Sisanya tanah milik Pemkab. Jadi tidak ada kesulitan,” ujarnya.

Juliyatmono mengatakan, dengan dibangunnya TC NPC di Delingan, kawasan sekitar ikut diperbaiki dan ditata. Dia berharap, ke depan ada investor yang membangun hotel berbintang di kawasan kota, yang juga mendukung keberadaan TC.

Lokasi ini akan menjadi pusat latihan atlet-atlet dari berbagai provinsi di Indonesia. Hal ini tentu akan berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi di kawasan tersebut.

“Kalau atlet latihan, keluarganya menengok, kan butuh tempat menginap. Selama ini kan belum ada hotel berbintang di kawasan kota,” katanya.

Saat ini, Juliyatmono mengatakan pelaksanaan pembangunan TC tinggal menunggu dieksekusi. TC NPC ini akan dibangun di sebelah utara Bumi Perkemahan Delingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya