SOLOPOS.COM - Jemaah mengikuti acara peringatan Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi di depan Masjid Ar Riyadh, Jl. Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, Solo, Selasa (17/12/2019). (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Jl Kapten Mulyadi direncanakan ditutup total saat peringatan Haul ke-111 Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di wilayah Pasar Kliwon, Solo, 15-16 November mendatang. Penutupan jalan itu mulai dari simpang empat Baturono hingga simpang empat Pasar Kliwon.

Tim Satlantas Polresta Solo melakukan survei ke lokasi Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, Rabu (2/11/2022). Mereka berkoordinasi dengan panitia Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi terkait manajemen rekayasa lalu lintas dan kantong parkir kendaraan bermotor.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Biasanya, jemaah dari berbagai daerah berdatangan ke Kota Solo untuk mengikuti acara tersebut. Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi merupakan agenda rutin tahunan.

Berkaca pada acara serupa sebelum munculnya pandemi Covid-19, peringatan Haul Habib Ali diserbu puluhan ribu umat Islam dari dalam maupun luar negeri. Mereka rutin menghadiri acara Haul Habib Ali di Solo setiap tahun.

Kasatlantas Polresta Solo, Kompol Agus Santoso, mengatakan penutupan ruas Jl Kapten Mulyadi mulai dari simpang empat Baturono-simpang empat Pasar Kliwon merupakan opsi paling memungkinkan.

Baca Juga: Persiapan Haul Habib Ali, Penutupan Jl Kapten Mulyadi Solo Belum Diputuskan

“Namun, itu situasional dengan kondisi di lapangan. Jika masih memungkinan, satu jalur masih bisa digunakan untuk pengguna jalan maupun masyarakat yang berobat ke RSUI Kustati,” katanya mewakili Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, kepada wartawan, Rabu.

Arus lalu lintas dari arah selatan atau Sukoharjo bakal dialihkan menuju Jl Veteran. Sedangkan arus lalu lintas dari arah utara bakal dipecah melewati Alun-alun Keraton Solo atau Jl Ronggowarsito.

Lokasi Parkir Kendaraan Jemaah

Agus menyebut rangkaian kegiatan Haul Habib Ali bin Muhammad Al-Habsyi di Solo diawali dengan acara rauhah atau mengaji dan membaca Alquran. Kemudian, acara peringatan haul dilaksanakan pada 15 November pukul 09.00 WIB-12.00 WIB.

Keesokan harinya, rangkaian peringatan haul dilanjutkan dengan acara maulud. Ribuan orang diperkirakan memadati area Masjid Ar Riyadh, Pasar Kliwon, saat peringatan haul tersebut.

Baca Juga: Kembali Digelar Terbuka, 50.000 Orang Diprediksi Hadiri Haul Habib Ali di Solo

“Informasi yang saya dapat dari panitia, di depan masjid akan didirikan kajang untuk jemaah. Diperkirakan jemaah meluber hingga ruas jalan,” ujar dia. Untuk parkir kendaraan bermotor, Agus menyampaikan bus dan mobil besar diarahkan untuk parkir di sekitar Alun-alun Keraton Solo.

Sedangkan mobil kecil diarahkan untuk parkir paralel di pinggir Jl Kapten Mulyadi atau sekitar depan Kantor Kecamatan Pasar Kliwon. Mobil juga bisa diparkir di pinggir Jl Kyai Mojo. “Petugas tim gabungan bakal disebar di setiap simpang empat di wilayah Pasar Kliwon,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Pasar Kliwon, Ahmad Khoironi, mengatakan bakal berkoordinasi dengan Satpol PP Solo maupun Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo terkait penataan pedagang kaki lima (PKL) dan sampah. Ia berharap petugas disebar di sejumlah lokasi rawan kemacetan lantaran Jembatan Mojo masih ditutup untuk proyek perbaikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya