SOLOPOS.COM - Sekretaris Panitia Penerima Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo, Bambang Sukoco. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Panitia Penerima Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah memprediksi kurang lebih 10.000 bus akan masuk Kota Solo saat acara berlangsung bulan depan. Lokasi parkir bakal sampai luar kota.

Sekretaris Panitia Penerima Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah Bambang Sukoco menjelaskan ada jutaan orang bakal hadir pada Muktamar Muhammadiyah, 18-20 November mendatang. Diprediksi ada 10.000 bus akan memenuhi Kota Solo dan sekitarnya.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Ini yang kami bicarakan serius dengan dinas-dinas terkait serta TNI/Polri. Bagaimana mengatur parkir tentunya misalkan peserta didrop kemudian bus parkir,” katanya setelah rapat koordinasi persiapan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Balai Kota Solo, Selasa (4/9/2022).

Dia menjelaskan belum bisa menyampaikan lokasi parkir yang akan digunakan karena sedang tahap finalisasi. Bus akan mengantar para peserta maupun penggembira muktamar lalu parkir ke lokasi-lokasi yang telah ditentukan.

“Ada tiga pusat lokasi untuk arena muktamar, kawasan Manahan, Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta [UMS], dan De Tjolomadoe. Tempat itu akan sangat crowded pada 19 sampai 20 November 2022 dan tentunya parkir tidak di situ,” jelasnya.

Baca Juga: Bazar Expo UMKM Muktamar ke-48 Muhammadiyah Solo, Ratusan Stan Sudah Terisi

Menurut Bambang, ada yang telah memberikan konfirmasi kedatangan pada 17 November 2022. Sidang tanwir diikuti perwakilan daerah pada 18 November 2022. Pembukaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah dilakukan pada 19 November 2022.

“Kami prediksi mereka hadir 18 November, bahkan ada konfirmasi kedatangan 17 November. Kemudian pulang 21 November,” paparnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub Solo), Ari Wibowo, mengatakan potensi 10.000 bus masuk Kota Solo saat Muktamar Muhammadiyah perlu diskusi lebih lanjut. Dishub masih menunggu arahan atau hasil koordinasi antara Panitia dan Polda Jateng, dalam waktu dekat.

Baca Juga: Atraksi dan Wahana ala Pasar Malam Sekaten bakal Meriahkan Muktamar Expo Solo

“Nanti melibatkan daerah lain. Harapan kami Soloraya. Bus menurunkan penumpang lalu parkir di luar. Bisa jadi parkir di Donohudan [Ngamplak, Boyolali], Alun-alun Karanganyar. Acara di sini parkir di luar,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Kota Solo Ahyani menjelaskan sejumlah lokasi parkir yang memungkinkan di Benteng Vastenburg dan Alun-alun Keraton Solo. Kantong parkir Solo tidak cukup bisa memakai sejumlah terminal serta lapangan di wilayah Karanganyar dan Sukoharjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya