SOLOPOS.COM - Relief phallus dan vagina di Candi Cetho bercampur dengan relief kisah Samodramanthana. (Solopos/Doc)

Solopos.com, KARANGANYAR — Paket wisata Pura Mangkunegaran ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Karanganyar segera diluncurkan Pemkab setempat.

Wisatawan domestik maupun mancanegara akan digaet mengunjungi objek wisata bersejarah di Karanganyar.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Pengembangan paket wisata Pura Mangkunegaran-Karanganyar ini menindaklanjuti kunjungan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (K.G.P.A.A.) Mangkunagoro X ke Karanganyar beberapa hari lalu.

Mangkunagoro X didampingi Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyempatkan mengunjungi sejumlah objek wisata di Karanganyar. Dalam kunjungan itu, Mangkunagoro X menyampaikan gagasan untuk kerja sama pengembangan bidang wisata Pura Mangkunegaran dengan Karanganyar.

“Gusti Bhre [sapaan akrab Mangkunagoro X] ini sampaikan kunjungan wisatawan ke Mangkunegaran setiap hari 500 sampai 1.500 orang. Ini kan sayang kalau hanya mengunjungi Pura Mangkunegaran. Makanya akan ditarik ke Karanganyar,” kata Bupati Juliyatmono, Jumat (7/7/2023).

Juliyatmono mengatakan sejumlah objek wisata dirintis untuk pengembangan paket Pura Mangkunegaran- Karanganyar ini. Di antaranya Candi Cetho dan Candi Sukuh di Ngargoyoso serta Pemandian Sapta Tirta Pablengan, Matesih.

Dia menyakini turis lokal dan mancanegara akan menikmati paket wisatawan itu. Apalagi para wisatawan akan diajak wisata sejarah. Juliyatmono mengatakan paket wisata Pura Mangkunegaran- Karanganyar segera diluncurkan.

Bupati mengatakan ada historis Kabupaten Karanganyar dengan Mangkunegara. Di Karanganyar, lanjut Juliyatmono, memiliki banyak peninggalan bersejarah dengan Mangkunegara. Banyak situs, benda, petilasan, pesanggarahan serta pemandian yang kaitannya erat dengan Mangkunegara.

Belum lagi warisan budaya tak benda di Karanganyar, seperti tari-tarian. Mangkunagoro X dan Pemkab Karanganyar telah menyepakati jejak sejarah ini harus dijaga bersama-sama.

“Identitas Karanganyar tidak lepas dari Mangkunegara. Ini menjadi langkah awal merajut kembali koneksi Kabupaten Karanganyar dengan Mangkunegaran,” kata dia.

Diketahui, secara historis Kabupaten Karanganyar merupakan wilayah Mangkunegaran. Mangkunagoro juga disemayamkan di Karanganyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya