SOLOPOS.COM - Seratusan PPPK dilantik sebagai pejabat fungsional oleh Bupati Sragen di Pendapa Sumonegaran Sragen, Senin (28/11/2022). (Solopos.com/Tri Rahayu)

ilustrasSolopos.com, SRAGEN — Pemkab Sragen mengajukan usulan perekrutan 669 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2023 ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Usulan tersebut terdiri atas formasi guru (356 orang), tenaga kesehatan (166 orang), dan tenaga teknis (147 orang).

Penjelasan itu diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sragen, Kurniawan Sukowati, kepada Solopos.com, Sabtu (8/7/2023). Usulan formasi PPPK 2023 itu sudah diajukan pada Juni lalu. Lowongan untuk formasi guru paling banyak diusulkan karena kebutuhan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Kami tidak tahu berapa yang disetjui. Usulan PPPK itu merupakan kebutuhan yang diajukan dari masing-masing OPD [organisasi perangkat daerah]. Seperti tenaga teknis itu kebutuhan masing-masing OPD berbeda-beda, seperti tenaga pranata komputer, arsiparis, dan tenaga teknis lainnya. Semua PPPK itu merupakan pegawai fungsional dan tidak bisa menjadi staf atau pelaksana,” jelas Kurniawan.

Dia menerangkan syarat pendidikan pun tergantung jenis jabatan yang lowong, bisa lulusan DIII atau S1, bukan SMA atau sederajat. Selain batasan syarat pendidikan, ada juga batasan usia saat mendaftar, yakni sebelum masuk masa pensiun yakni umur 58 tahun atau 60 tahun.

“Sampai sekarang, kami masih menunggu hasil usulan yang disetujui Kemenpan RB,” katanya.

Kabid Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sragen, Tri Giyanto, menyebut pihaknya mengajukan usulan 356 guru dalam perekrutan PPPK 2023. Angka tersebut disesuaikan dengan kebutuhan Disdikbud mengingat banyak guru yang pensiun pada 2023.

“Usulan itu mengisi kekosongan guru kelas, guru pendidikan agama Islam (PAI), guru pendidikan jasmani dan kesehatan (penjaskes) dan guru mata pelajaran. Soal berapa kuota yang disetujui, itu wilayah BKPSDM,” ujarnya.

Tri mengatakan pada perekrutan PPPK 2022 ada 348 guru SD dan SMP yang lolos seleksi dan akan segera tanda tangan kontrak kerja pada Juli 2023 ini. Formasi PPPK pada 2023 juga masih banyak didominasi guru SD dan SMP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya