SOLOPOS.COM - Kondisi terakhir di depan Solo Safari, Selasa (17/1/2023). (Solopos.com/Nova Malinda)

Solopos.com, SOLO–Solo Safari direncanakan buka perdana pada (27/1/2023). Direktur TSTJ, Bimo Wahyu Widodo, mengatakan saat ini satwa-satwa tersebut masih dalam porses administrasi dengan stakeholders terkait.

“Iya, dalam proses administrasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan BKSDA [Balai Konservasi Sumber Daya Alam] Jatim, Jabar, Jateng,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Selasa (17/1/2023).

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Saat ditanya, Bimo mengiyakan satwa-satwa dari koleksi Taman Safari tersebut akan tiba di Solo Safari secara bertahap. Sebelumnya, Bimo menjelaskan total koleksi satwa Solo Safari ada sekitar 410 ekor.

Sementara, pada pembukaan perdana pembangunan fase I Solo Safari, bakal menawarkan kandang komodo, binturong, zebra. Untuk kapasitas kandang komodo dua pasang. Bimo mengatakan ketiga jenis satwa tersebut belum ada sebelumnya di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).

Selain tiga jenis satwa baru, kata Bimo, ada sejumlah jembatan baru dan kandang primata terbuka di tengah pulau. Sebelum pembangunan Solo Safari, disebutkan hanya ada tiga pulau di sana, ada yang berfungsi, ada yang tidak.

Sementara, revitalisasi kali ini membangun lima pulau yang nantinya semua berfungsi.

Lebih lanjut, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjelaskan progres pembangunan tahap satu hampir 100%. Gibran sudah mengecek langsung progres pembangunan Solo Safari di Kelurahan/Kecamatan Jebres, Solo, Senin (16/1/2023) pagi.

“Komodo paling depan, beli tiket, turun langsung komodo,” kata dia kepada wartawan.

Sebagai informasi, Komodo, binturong, dan zebra, menjadi bagian daya tarik rekreasi TSTJ atau Solo Safari yang dibuka 27 Januari 2023.

Wali Kota Solo mengatakan walabi koleksi TSTJ sudah masuk kandang pada progres terkini. Tambahan satwa dari Taman Safari Indonesia akan tiba di Solo Safari mulai 20 Januari 2023.

“Wis resik tinggal masukin aja [tinggal memasukkan koleksi hewan ke kandang yang selesai dibangun],” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya