SOLOPOS.COM - Sejumlah pengendara kendaraan antre melintas di viaduk Gilingan,, Solo, Senin (25/12/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo).

Solopos.com, SOLO–Akses jalan di Viaduk Gilingan, Banjarsari direncanakan kembali ditutup guna mendukung pekerjaan pembongkaran jembatan kereta api. Penutupan jalan Ahmad Yani kemungkinan paling cepat pada awal Maret.

Pekerjaan tersebut diperkirakan membutuhkan alat berat di sekitar Viaduk Gilingan. Demi keselamatan dan keamanan pekerja dan pengguna jalan, akses jalan bakal ditutup selama pekerjaan tersebut.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Sebelumnya, akses jalan di Viaduk Gilingan sempat ditutup pada Senin (20/11/2023)-Selasa (21/11/2023) mulai pukul 19.00 WIB-05.00 WIB.

Penutupan jalan dilakukan guna mendukung kelancaran pemasangan girder penyangga jembatan jalur rel kereta api. Pemasangan girder jembatan dikerjakan pada malam hari hingga subuh.

“Penutupan akses jalan di viaduk paling cepat mungkin awal Maret,” kata Site Manager Penataan Viaduk Gilingan, Niko Herlambang, Selasa (23/1/2024).

Kontraktor pelaksana proyek bakal berkoordinasi dengan instansi terkait untuk membahas rencana penutupan akses jalan di viaduk. Hal ini dilakukan untuk menyinkronkan manajemen rekayasa lalu lintas, termasuk pengalihan arus lalu lintas.

Jalur-jalur alternatif harus disiapkan untuk para pengguna jalan. Terlebih, Maret sudah memasuki bulan puasa bagi umat muslim.

Sementara, April menjadi momen gelombang perantau pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama keluarga. “Nanti akan ada koordinasi lebih jauh dengan instansi terkait. Termasuk pekerjaan underpass Joglo yang juga menutup akses jalan,” ujar dia.

Saat ini, pekerjaan tahap dua pembangunan underpass Joglo, Banjarsari terus dikebut. Pekerjaan ini dilaksanakan selama sebulan pada 15 Januari-15 Februari.

Ada dua ruas jalan yang ditutup, yakni Jalan Ki Mangun Sarkoro dan Jalan Sumpah Pemuda. Ki Mangun Sarkoro mulai dari depan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Banyuagung hingga simpang Joglo. Sedangkan Jalan Sumpah Pemuda mulai dari depan TPU Bonoloyo hingga simpang Joglo.

Sementara pekerjaan tahap tiga mulai 16 Februari-30 April. Selain Jalan Ki Mangun Sarkoro dan Jalan Sumpah Pemuda, perlintasan sisi utara simpang Joglo juga ditutup.

Sedangkan, perlintasan simpang Joglo sisi selatan masih bisa dilewati kendaraan bermotor. Penutupan total simpang Joglo dilakukan saat pekerjaan IV pada 1 Mei-27 November.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya