SOLOPOS.COM - Bupati Sukoharjo Etik Suryani seusai meninjau pasar murah di Gedung Mal Palayanan Publik (MPP) Sevaka Bhakti Wijaya, Jumat (31/3/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO — Pemerintah Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah menyiapkan empat bus untuk mudik gratis Lebaran 2023.

Bus mulai mengangkut pemudik pada 17 April 2023 dan diperkirakan tiba di Terminal Sukoharjo pada pukul 23.00 WIB.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Bupati Sukoharjo Etik Suryani berjanji bakal menyambut langsung kepulangan pemudik yang menggunakan akomodasi empat bus gratis oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo tersebut.

Berdasarkan data, ada 129 perantau asal Sukoharjo yang ikut program mudik gratis tersebut.

“Kalau tidak ada halangan apapun saya sehat, umur panjang, saya nanti akan menyambut mereka di terminal,” ujar Bupati Etik di sela-sela meninjau kegiatan pasar murah di Gedung Mal Palayanan Publik (MPP) Sevaka Bhakti Wijaya, Jumat (31/3/2023).

Ketika ditanya apakah diperbolehkan jika aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Sukoharjo mudik menggunakan mobil dinas, Bupati Etik masih menunggu kebijakan pemerintah pusat.

Dia memastikan pihaknya akan mengikuti aturan yang telah ditetapkan pemerintah pusat.

Hal tersebut juga berlaku terkait dengan cuti bersama yang dimajukan. Dia mengatakan akan mengikuti ketentuan cuti sesuai dengan tanggal yang ditetapkan.

“Kalau diizinkan mangga kalau tidak juga kami tidak akan memperbolehkan [mudik menggunakan mobil dinas]. Kalau terkait cuti bersama kami mengikuti saja nggih. Kalau diajukan tanggal berapa ya kami mengikuti aturan saja,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dishub Kabupaten Sukoharjo, Toni Sri Buntoro, mengatakan Pemkab telah menyiapkan program mudik gratis pada Lebaran 2023 dengan menyiapkan empat unit bus dengan tujuan Jakarta ke Sukoharjo.

Pendaftaran sudah dibuka beberapa waktu lalu dan kuota telah terpenuhi.

Pemudik rencananya akan diberangkatkan pada 17 April pukul 09.00 WIB dari Museum Purna Bakti Pertiwi Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur dengan tujuan akhir Terminal Bus Sukoharjo.

Empat bus itu masing-masing berkapasitas 48 orang sehingga jumlah kuota keseluruhan sebanyak 192 orang.

Angkutan mudik gratis Lebaran 2023 disiapkan untuk membantu warga Sukoharjo di perantauan pulang ke kampung halaman.

Sementara itu tak semua warga Sukoharjo yang merantau memilih menggunakan akomodasi bus gratis tersebut.

Salah satunya warga Sukoharjo yang merantau di Tangerang, Banten, Gilang Pramana dalam sambungan telepon pada Sabtu (1/4/2023)  mengatakan memilih mudik menggunakan sepeda motor karena menurutnya lebih efisien.

Selain itu pria yang belum berkeluarga itu telah memiliki rencana berkendara bersama rekan-rekannya yang bertujuan satu jalur mudik.

Konvoi tersebut rencananya akan terpisah di Semarang karena beberapa rekannya lebih banyak bertempat tinggal di sana.

Sementara itu, warga Sukoharjo lain yang berada di Jakarta memilih tak mengikuti mudik gratis karena tanggal liburnya tak sesuai dengan keberangkatan bus mudik gratis tersebut.

“Kalau tanggal liburnya pas mungkin kemarin ikut mendaftar juga. Tetapi karena libur saya baru tanggal 19 April jadi gak bisa ikut mudik gratis ya,” ujar Ayuningtyas saat dihubungi Solopos.com, Sabtu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya