SOLOPOS.COM - Pencari kerja mengurus pembuatan kartu AK1 atau kartu kuning di loket pelayanan Dinas Tenaga Kerja Wonogiri di Mal Pelayanan Publik (MPP) Wonogiri, Kamis (4/5/2023). (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Sebanyak 2.581 lowongan kerja (loker) bakal tersedia di acara job fair yang digelar di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Minggu-Senin (14-15/5/2023). Job fair diikuti 16 perusahaan baik dari dalam maupun luar Wonogiri.

Pengantar Kerja Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Wonogiri, Swari Hadiningsih, mengatakan job fair ini terselenggara sebagai rangkaian perayaan HUT ke-282 bertajuk Ambal Warsa Fest 282 Wonogiri.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Dari 2.581 loker yang tersedia, sebanyak 1.186 loker di antaranya dari enam perusahaan di Wonogiri. “Job fair dilaksanakan secara daring dan luring. Bagi pencaker [pencari kerja] yang berada di luar Wonogiri bisa mengikuti job fair secara daring,” kata Swari saat ditemui Solopos.com di Mal Pelayanan Publik Wonogiri, Kamis (4/5/2023).

Dia melanjutkan perusahaan yang membuka lowongan kerja mengikuti job fair Wonogiri itu di antaranya perusahaan produsen sepeda, garmen, dan ritel. Adapun posisi yang tersedia di antaranya bagian operator produksi, admin, crew store, dan ahli informasi teknologi.

Para pencari kerja bisa mendaftar acara job fair tersebut melalui laman jobfair.kemenaker.go.id. Pada sisi lain, Disnaker Wonogiri sepanjang Januari 2023-Maret 2023 mencatat ada 2.090 pencari kerja. Hal itu diketahui dari jumlah kartu kuning atau AK1 yang telah dikeluarkan.

“Jumlah pencaker April dan Mei ini belum direkapitulasi. Tapi ada kenaikan jumlah pencaker setelah Lebaran 2023 ini. Sebab, biasanya mereka ikut keluarga merantau ke luar Wonogiri setelah Lebaran. Kemarin saja ada 22 orang yang buat AK1,” ujar dia.

Swari melanjutkan Disnaker Wonogiri bisa mengetahui jumlah pencaker hanya melalui jumlah kartu AK1 yang telah dikeluarkan. Oleh sebab itu, dia mengimbau para pencaker untuk membuat kartu AK1 ke Disnaker.

Pelatihan Kerja

Mereka yang memiliki kartu AK1 mendapatkan privilese untuk mengikuti program-program ketenagakerjaan dari yang diselenggarakan dinas serta mengakses lowongan kerja di Wonogiri.

“Mereka yang punya AK1, bisa mengikuti kelas karier yang kami selenggarakan. Kelas itu pelatihan yang materinya macam-macam, misalnya pelatihan pembuatan CV [curriculum vitae], psikotes, dan lainnya. Mereka juga bisa akses laman job fair ,” jelasnya.

Untuk mendapatkan kartu AK1, pencari kerja hanya perlu mendaftar melalui laman siapkerja.kemenaker.go.id atau bursakerja.jatengprov.id. Kemudian menyiapkan fotokopi ijazah, kartu tanda penduduk [KTP], dan pas foto ukuran 3×4 sebanyak satu lembar untuk divalidasi di Kantor Disnaker atau Mal Pelayanan Publik Wonogiri.

Salah satu pencari kerja di Wonogiri, Arsinta, 17, menyampaikan pada Kamis itu sedang proses membuat kartu AK1 untuk persiapan kerja. Dia akan mengikuti pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja Wonogiri dalam waktu dekat. Setelah itu, dia berniat mencari lowongan kerja di Wonogiri.

“Kalau punya kartu kuning kan lebih mudah kalau mau cari kerja. Misalnya, bisa ikut pelatihan kerja di BLK yang sudah bekerja sama dengan perusahaan. Nanti bisa disalurkan ke perusahaan langsung,” kata Arsinta.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Wonogiri, jumlah angkatan kerja di Wonogiri pada 2022 sebanyak 589.581 orang. Tingkat pengangguran terbuka sebesar 1,95% atau sebanyak 11.907 orang.

Penduduk bekerja berdasarkan lapangan pekerjaan, sektor pertanian menduduki peringkat pertama, yaitu sebesar 48,86% atau sebanyak 270.879 orang. Disusul sektor jasa sebesar 33,5% atau 193.561 orang. Kemudian sektor manufaktur sebanyak 113.561 orang atau 19,64%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya