SOLOPOS.COM - Ilustrasi seleksi calon ASN atau CPNS. (Dok.solopos)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri bakal membuka sekitar 600 lowongan pada rekrutmen calon pegawai negeri sipil atau CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja atau PPPK pada 2024 ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri, Haryono, mengatakan pada 2024 ini ada 654 pegawai Pemkab Wonogiri yang purnatugas atau pensiun. Maka dari itu, perlu ada rekrutmen pegawai baru untuk menggantikan pegawai yang sudah pensiun.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Saat ini, Pemkab Wonogiri tengah mengajukan formasi lowongan pegawai kepada pemerintah pusat. Dia menyampaikan pemerintah pusat sebenarnya menyerahkan jumlah pegawai yang direkrut itu kepada pemerintah daerah.

Sebab, upah atau gaji pegawai tersebut akan lebih banyak dibebankan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Oleh karenanya, lowongan pegawai lebih banyak untuk formasi PPPK.

“Formasi PPPK nanti ada sekitar 500, sedangkan CPNS sekitar 100. Itu sudah kami sesuaikan dengan kemampuan APBD Wonogiri,” kata Haryono saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Kamis (2/5/2024).

Haryono menyampaikan untuk lowongan PPPK lebih banyak untuk formasi pegawai teknis dan tenaga kesehatan. Sementara lowongan guru tidak ada karena pada tahun lalu formasi itu sudah dibuka banyak sampai ribuan.

Dia belum bisa memastikan kapan rekrutmen PPPK dan CPNS 2024 itu dibuka. “Perkiraannya Juni atau Juli 2024 sudah mulai rekrutmen,” ujar dia.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Wonogiri, Antonius Purnama Adi, mengatakan sampai saat ini belum ada petunjuk pelaksanaan dan teknis perekrutan PPPK dan CPNS Pemkab Wonogiri.

Meski begitu, jumlah formasi pegawai yang akan direkrut sudah bisa dipastikan yakni sebanyak 640 orang. ”Perinciannya, 540 PPPK dan 100 CPNS,” kata Anton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya