SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (tengah) menunjukan surat tuntutan yang telah ditanda tangani saat Aksi Damai oleh Aliansi Mahasiswa Soloraya Untuk Kepemimpinan Bermartabat (AMSR-UKB) di depan Balai Kota Solo, Selasa (6/2/2024). (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO–Ratusan mahasiswa melakukan demo berhasil mendapatkan perhatian Wali Kota Solo sekaligus calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Selasa (6/2/2024).

Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Soloraya untuk Kepemimpinan Bermartabat itu memiliki 11 tuntutan kepada Gibran sebagai pendamping Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Bahkan Gibran menemui mahasiswa dan memberikan tanda tangan pakta integritas untuk menepati janji apabila pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 menang dalam Pilpres 2024.

Berikut 11 poin mahasiswa kepada Gibran:

1. Akan menjalankan amanah dan suara rakyat Indonesia dengan jujur, adil, dan bertanggung jawab
2. Tidak akan berkhianat kepada rakyat Indonesia
3. Akan memperkokoh Pancasila, UUD 1945, demokrasi, dan hak asasi manusia
4. Menjaga kemandirian NKRI dengan memperkuat pertahanan dan keamanan negara
5. Mewujudkan kemandirian bangsa dalam berbagai bidang
6. Menyediakan lapangan kerja yang luas, membuka kesempatan berusaha, dan mendukung UMKM
7. Membangun sumber daya manusia yang unggul, membangun infrastruktur, menguatkan aspek pendidikan, kesehatan yang terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.
8. Melakukan hilirisasi dan industrialisasi untuk kemajuan ekonomi Indonesia, sehingga Indonesia menjadi kekuatan besar ekonomi dunia
9. Membangun desa,melakukan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat, serta memberantas kemiskinan dan pengangguran
10. Melakukan reformasi birokrasi, memberantas korupsi, dan mafia
11. Mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman dan damai, memelihara toleransi antarumat beragama, serta menegakkan keadilan dan menciptakan kemakmuran rakyat Indonesia.

Salah satu perwakilan mahasiswa, Farouq Naufally Mumtaz, menjelaskan mahasiswa bakal mengawal poin-poin kesepakatan ketika Gibran apabila menjadi Wakil Presiden. Mahasiswa bakal menggelar aksi lebih besar apabila Gibran tidak menepati janjinya saat menjadi Wakil Presiden.

“Alhamdulillah diterima dengan baik. Kami mahasiswa inginnya dipertegas lagi, bukan cuma sekadar menyampaikan apa-apa, tapi kami juga punya integritas untuk ke depannya,” ungkap dia.

Ditanya kenapa Aliansi Mahasiswa Soloraya untuk Kepemimpinan Bermartabat hanya menggelar aksi kepada Gibran dan tidak ke peserta Pilpres lain, dia mengatakan mahasiswa menyampaikan tuntutan kepada Gibran tak hanya sebagai cawapres, namun sebagai Wali Kota Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya