SOLOPOS.COM - Kondisi rest area KM 487 A Boyolali pada Kamis (20/4/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah).

Solopos.com, BOYOLALI–Menjelang pada arus mudik Lebaran 2023 ini volume kendaraan yang berhenti di rest area KM 487 Tol Solo – Semarang area Boyolali meningkat sejak Minggu (15/4/2023).

Humas Trans Marga Jateng, Dian Saputra, menyebut ramainya rest area terjadi biasanya pada sore saat berbuka puasa.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Untuk yang singgah di rest area per 19 April mengalami kenaikan di 487 A kendaraan kecil 1.060 unit, besar 30 unit. Yang B kecil 684 unit, dan besar 24 unit,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Kamis (20/4/2023).

Ia mengungkapkan puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada Rabu (19/4/2023) dan Kamis ini.

Dian mengimbau masyarakat yang merasa lelah beristirahat di rest area KM 487 A terlebih dahulu. Rest area KM 487 A memiliki keunggulan seperti menyediakan jajanan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Boyolali.

Rest area tersebut juga menyuguhkan tempat yang nyaman dengan fasilitas seperti musala, toilet, toilet difabel, ruang laktasi, dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) modular saat mudik.

Ada juga tempat parkir untuk mobil golongan I yang nyaman. Selama Bulan Puasa juga ada takjil dan kopi gratis. Lalu ada pameran batik dan tanaman di Rest Area KM 487 A.

“Bila rest area penuh, bisa keluar ke gerbang tol terdekat untuk beristirahat, itu tidak mempengaruhi tarif tol,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Kasat Lantas Polres Boyolali, AKP Herdi Pratama, mengungkapkan mengatakan kendaraan sumbu dua tidak diperkenankan masuk ke tol ketika arus mudik dan balik Lebaran 2023.

“Untuk di rest area, kami juga memberikan imbauan kepada masyarakat. Kami bikin audionya, nanti akan diputar otomatis setiap 30 menit sekali. Isinya memberitahukan masyarakat bahwa maksimal istirahat di rest area selama 30 menit,” kata dia.

Ia juga mengungkapkan telah berkoordinasi dengan Pertamina untuk menyediakan Pertamina Mobile. Sehingga, ketika ada mobil mogok kehabisan bensin akan ada petugas yang bergerak mengirimkan BBM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya