SOLOPOS.COM - Gedung Pusat MTA, di Jl. Ronggowarsito No. 111A, Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO —Majlis Tafsir Al-Qur’an (MTA) akan menggelar Silaturahmi Nasional (Silatnas) IV MTA di Solo di Stadion Manahan, pada Minggu (24/9/2023).

Kegiatan tersebut digelar dengan agenda utama mengukuhkan perwakilan dan cabang baru MTA yang tersebar di Indonesia. Selain akan dihadiri sekitar 50.000 anggota MTA dari berbagai daerah di Indonesia, acara tersebut direncanakan juga dihadiri tamu dari Kementerian Agama dan pejabat lainnya.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Pada tahun 2023 ini ada 155 kajian binaan MTA dari berbagai kota/kabupaten se-Indonesia yang mengajukan permohonan kepada Pimpinan Pusat MTA untuk diresmikan sebagai perwakilan atau cabang MTA. Untuk itu, pada Minggu (24/9/2023), MTA mengadakan Silatnas IV MTA dalam rangka peresmian 155 binaan tersebut.

Ketua Pelaksana Silatnas IV MTA, Suprapto, S.Th.I., M.P.I, menyampaikan tahun ini penyelenggaraan Silatnas IV MTA mengambil tema Merajut Persaudaraan Membangun Negeri. Silatnas IV MTA tersebut nantinya terdiri dari kegiatan pendukung dan kegiatan utama. Kegiatan pendukung di antaranya Apel Elemen Dakwah MTA, pembagian paket kebutuhan pokok, donor darah nasional, seminar nasional, dan Pekan Olah Raga Nasional MTA. Sedangkan acara puncak Silatnas IV MTA adalah pengukuhan perwakilan dan cabang baru.

Pimpinan MTA Pusat, Ustadz Nur Kholid Syaifullah, Lc., M.hum., menyampaikan untuk pelaksanaan Silatnas IV MTA tahun ini, memang dibatasi maksimal 50.000 orang. Dengan begitu setiap perwakilan MTA yang jauh akan mengirim perwakilan untuk datang sebagai peserta.

“Kewajiban yang dikirim ke sini nanti menyampaikan kepada keluarga besar MTA yang kebetulan belum diizinkan Allah hadir di sini,” jelas dia.

Disebutkan, Silatnas MTA merupakan agenda dari MTA yang pelaksanaannya tidak terikat batasan waktu. Artinya bisa saja digelar dua tahun sekali, bisa empat tahun sekali dan sebagainya. Sebab menurutnya inti dari Silatnas adalah pengukuhan pengurus-pengurus baru dan peresmian perwakilan serta cabang baru MTA di seluruh Indonesia.

“Dimana tahun ini ada 155 perwakilan dan cabang baru yang akan diresmikan. Sebelumnya sampai har ini sudah ada 604 perwakilan dan cabang. Dengan begitu total nanti akan menjadi 759 perwakilan dan cabang,” jelasnya.

Disebutkan jika 155 perwakilan dan cabang baru yang akan dikukuhkan sebarannya ada di 133 kabupaten atau kota mulai dari Aceh sampai Papua.

Merajut Persaudaraan

Selain untuk pengukuhan, Silatnas MTA juga digelar sebagai upaya untuk merajut persaudaraan sesama warga MTA di seluruh Indonesia.

“Sudah menjadi kewajiban kami sebagai anak bangsa untuk turut serta membangun negeri yang kita cintai. Pembangunan negeri yang bisa kami lakukan sementara ini adalah mempererat tali persaudaraan. Ketika sesama kita tidak bertikai itu kan sudah sumbangsih membangun negeri. Tidak ada pertikaian, saling memberi, gemar menolong, itu sudah turut serta membangun negeri. Mudah-mudahan sedikit yang sudah dilakukan MTA, menjadi amal soleh di sisi Allah dan diridai langkah-langkah dakwah ini oleh Allah,” jelas dia.

Menurut rencana, agenda Silatnas IV MTA dimeriahkan dengan sejumlah penampilan. Baik yang dilakukan di dalam maupun luar stadion. Penampilan tersebut di antaranya ada karawitan, marching band dan tari saman dari Santri Ponpes MTA. Serta ada atraksi pencak silat siswa SMA MTA.

Pada Silatnas tersebut juga akan digelar peluncuran bela diri MTA, yakni Persatuan Bela Diri Katibatullah (Perbeka), serta re-launching Majalah Cahaya Hati. Kemudian akan ada tiga panggung hiburan juga didirikan di luar stadion untuk menampilkan atraksi reog, dalang cilik, keroncong, dan karawitan anak.

Digelar pula Bazar Silatnas MTA 2023, yang diikuti sekitar 300 UMKM, yang menawarkan produk khas daerah warga MTA se-Indonesia. Bazar akan bertempat di empat zona halaman Stadion Manahan Solo pada pukul 06.00 WIB– 13.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya