SOLOPOS.COM - Ilustrasi siswa sekolah. (Solopos-Whisnupaksa K)

Solopos.com, WONOGIRI — Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) SMA tahun pelajaran 2023/2024 di Jawa Tengah segera dibuka. Sistem zonasi masih akan digunakan dalam PPDB tahun ini.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Jawa Tengah pun telah menentukan zonasi satuan pendidikan pada masing-masing SMA Negeri di kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ketentuan zonasi itu tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Disdikbud Provinsi Jawa Tengah No.420/06584 tentang Penetapan Wilayah Zonasi PPDB SMA Negeri di Jawa Tengah Tahun Ajaran 2023/2024.

Dalam SK tersebut disebutkan pembagian zonasi SMA Negeri di 35 kabupaten/kota, salah satunya Kabupaten Wonogiri yang masuk dalam Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan VI Jawa Tengah. Tercatat ada 13 SMAN di Wonogiri yang telah ditentukan pembagian zonasi. 

Berikut 13 SMAN di Wonogiri dan rincian zonasi untuk PPDB tahun pelajaran 2023/2024:

1. SMAN 1 Wonogiri 

Zonasi SMAN 1 Wonogiri mencakup peserta didik baru dari Kecamatan Wonogiri, Ngadirojo, Selogiri, Wuryantoro, Manyaran, Nguter (Sukoharjo), Jatiyoso (Karanganyar)

2. SMAN 2 Wonogiri 

SMAN yang terletak di Kelurahan Wonokarto, Wonogiri ini bakal menerima peserta didik baru dari Kecamatan Wonogiri, Ngadirojo, Selogiri, Wuryantoro, Manyaran, Nguter (Sukoharjo), Jatiyoso (Karanganyar), dan Jatipuro (Karanganyar)

3. SMAN 1 Girimarto 

Zonasi SMAN 1 Girimarto terdiri atas Kecamatan Girimarto, Ngadirojo, Jatipurno, Jatisrono, Sidoharjo, Jatiyoso, dan Jatipuro.

4. SMAN 1 Sidoharjo 

Zonasi SMAN 1 Sidoharjo meliputi Kecamatan Sidoharjo Ngadirojo, Jatiroto, Girimarto, Jatisrono, Jatipurno, Jatiyoso, dan Jatipuro.

5. SMAN 1 Jatisrono 

SMAN 1 Jatisrono akan menerima peserta didik baru dari Kecamatan Jatisrono, Jatipurno, Sidoharjo, Girimarto, Slogohimo.

6. SMAN 1 Slogohimo

SMAN 1 Slogohimo bakal menerima peserta didik baru dari Kecamatan Slogohimo, Bulukerto, Jatiroto, Jatipurno, Jatisrono, dan Purwantoro.

7. SMAN 1 Purwantoro

Zonasi SMAN 1 Purwantoro terdiri atas Kecamatan Purwantoro, Kismantoro, Slogohimo, Bulukerto, Puhpelem, Badegan (Ponorogo)

8. SMAN 3 Wonogiri

Zonasi SMAN 3 Wonogiri meliputi Kecamatan Wonogiri, Ngadirojo, Selogiri, Wuryantoro, Manyaran, Nguter, Jatiyoso, Jatipuro.

9. SMAN 1 Wuryantoro 

Zonasi SMAN 1 Wuryantoro terdiri atas Kecamatan Wuryantoro, Eromoko, Manyaran, Wonogiri, Selogiri

10. SMAN 1 Pracimantoro



Zonasi SMAN 1 Pracimantoro meliputi Kecamatan Pracimantoro, Eromoko, Giriwoyo, Paranggupito, Giritontro, Ponjong (Gunung Kidul), Rongkop (Gunung Kidul)

11. SMAN 1 Baturetno 

SMAN 1 Baturetno menerima peserta didik baru dari Kecamatan Baturetno, Batuwarno, Giriwoyo, Karangtengah, Nguntoronadi, Tirtomoyo, Punung (Pacitan), dan Donorojo (Pacitan)

12. SMAN 1 Manyaran 

Zonasi SMAN 1 Manyaran terdiri atas Kecamatan Manyaran, Eromoko, Wonogiri, Selogiri, Wuryantoro, Semin (Gunung Kidul), dan Bulu (Sukoharjo)

13. SMAN 1 Nguntoronadi 

SMAN 1 Nguntoronadi menerima peserta didik baru dari Kecamatan Nguntoronadi, Ngadirojo, Batuwarno, Baturetno, Karangtengah, dan Tirtomoyo.

Di Wonogiri ada 25 kecamatan dan delapan kecamatan di antaranya belum memiliki SMAN atau SMKN. Kecamatan itu meliputi Kecamatan Paranggupito, Giriwoyo, Eromoko, Karangtengah, Tirtomoyo, Ngadirojo, Jatipurno, dan Batuwarno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya