SOLOPOS.COM - Ilustrasi daging sapi. (Freepik)

Solopos.com, KLATEN — Warga Klaten yang mendapat jatah daging kurban dan ingin menyimpannya untuk dimakan di kemudian hari perlu memperhatikan tips cara simpan daging agar tetap segar dalam waktu lama.

Daging yang disimpan di dalam kulkas lama-lama bisa busuk atau rusak jika cara penyimpanannya tidak benar. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Klaten memiliki tips cara menyimpan daging kurban di kulkas agar tetap segar.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Dokter hewan DKPP Klaten, Dewi, mengatakan jika ingin menyimpan daging kurban di kulkas, daging harus dimasukkan wadah kedap udara. Tujuannya agar air dari daging tak membasahi freezer.

Selain itu, cara simpan daging kurban di kulkas agar tahan lama yakni dipotong menjadi bagian kecil-kecil kemudian dimasukkan dalam wadah kedap udara atau dikemas menggunakan plastik transparan untuk disimpan di freezer.

Ketika ingin memasak, cukup mengambil beberapa potong daging yang dibutuhkan tanpa harus mengeluarkan seluruh daging dalam wadah. Ketika daging dari freezer itu dikeluarkan kemudian dipotong dan dimasukkan lagi, bagian yang terpotong berpotensi tercemar bakteri.

“Agar tidak mudah busuk, daging dipotong kecil-kecil dan dimasukkan dalam wadah [kedap udara] kemudian disimpan dalam freezer. Ketika mau mengambil, cukup diambil sesuai kebutuhan,” kata Dewi kepada wartawan di sela pemeriksaan hewan kurban di Kecamatan Klaten Utara, Kamis (29/6/2023).

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPP Klaten, Triyanto, juga menjelaskan tips cara simpang daging kurban agar tetap segar di kulkas yakni dengan cara dimasukkan dalam wadah kedap udara. “Bisa dimasukkan dalam plastik transparan kemudian disimpan dalam freezer,” jelas dia.

Penyembelian hewan kurban pada Iduladha tahun ini digelar warga Klaten di berbagai wilayah sejak Rabu (28/6/2023). Diperkirakan, jumlah hewan kurban yang disembelih tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Pada Iduladha 2022, jumlah total hewan kurban yang disembelih mencapai 9.000 sapi dan 7.000 kambing. Daging hewan kurban yang disembelih kemudian dibagikan kepada warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya