SOLOPOS.COM - Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar saat berpidato dalam silaturahmi di Ponpes Nuris Jember, Kamis (28/9/2023) (ANTARA/Zumrotun Solichah)

Solopos.com, SOLO–Ketua DPP PKB Bidang Hubungan Internasional, Luluk Nur Hamidah, merasa yakin Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, bakal tampil penuh percaya diri, menguasai keadaan, dan unggul dalam Debat II Capres-Cawapres.

“Persiapan khusus enggak ya. Tapi kami menyiapkan sebaik mungkin, secara mental, kesehatan, dan lain lain. Agar masyarakat Indonesia punya kesempatan menilai, dan secara objektif melihat calon wakil presiden yang sedang mereka saksikan di ajang debat memang calon yang layak dan kredibel,” ungkap dia, Senin (18/12/2023).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Menurut Luluk, pengalaman Muhaimin selama 15 tahun menjadi Ketua Umum PKB menjadi modal penting. Ditambah lagi pengalaman Muhaimin menjadi Anggota DPR, dan berada di pemerintahan sebagai menteri. Artinya banyak isu strategis negara dan rakyat Indonesia sudah menjadi makanan sehari-hari dari Gus Muhaimin.

“Cak Imin sangat komunikatif ya, dan beliau bisa artikulatif, menyampaikan gagasan secara mudah, menyesuaikan audiensnya. Cak Imin bisa bicara dengan bahasa apa pun, dengan audiens berbeda-beda. Tentu karena ajang debat itu dilihat seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali, ini pasti jadi tantangan tersendiri,” urai dia.

Luluk yang merupakan Anggota DPR dari Dapil IV Jawa Tengah (Jateng) mengatakan Muhaimin sudah mengikuti banyak acara debat. Bahkan bisa dibilang debat merupakan bagian dari kehidupan politik seorang Muhaimin. Baik kehidupan sebagai pimpinan parpol, di parlemen, maupun saat menjadi menteri pemerintah.

“Gus Muhaimin sudah melakukan banyak sekali debat, dan tidak pernah lari. Dia tidak pernah lari dari berbagai macam debat, dan setiap hari sebenarnya beliau berada di dalam ruang perdebatan itu sendiri. Baik yang diinisiasi, diorganisasi EO atau TV tertentu. Intinya sehari-hari ada ruang perdebatan dari dia,” kata dia.

Luluk menyatakan pengalaman panjang telah memberikan pelajaran penting kepada Muhaimin untuk menghadapi berbagai situasi. “Kekuatan dia pada penguasaan materi, pengalaman panjang, punya kemampuan untuk menghadapi berbagai situasi krisis seketat apa pun. Saya kira dia enjoy aja, tampil apa adanya,” tutur dia.

Sisi humoris Muhaimin, menurut Luluk, juga bakal menjadi nilai lebih ketika debat para Cawapres mendatang. “Tidak kehilangan rasa humor yang jadi kekuatan beliau, bisa menyederhanakan sesuatu yang berat tanpa terjebak simplifikasi. Secara substansi tidak kehilangan esensinya, tak semua orang bisa,” tandas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya