SOLOPOS.COM - Convention Hall di atas Terminal Tirtonadi, Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Kesuksesan penyelenggaraan Solo Keroncong Festival (SKF) 2021 di Terminal Tirtonadi Convention Hall mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Convention Hall yang baru selesai dibangun tahun ini itu dinilai cocok untuk menggelar kegiatan seni skala nasional hingga internasional.

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) berencana memanfaatkan fasilitas itu untuk menggelar sejumlah event seni dan kebudayaan di masa mendatang. Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek, Hilmar Farid, terpukau dengan kemegahan dan fasilitas di Terminal Tirtonadi Convention Hall.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Hilmar tak menyangka komponen transportasi seperti terminal dapat memiliki fasilitas ciamik untuk menggelar ajang musik akbar seperti SKF. Hal itu disampaikannya di sela menghadiri pertunjukan hari pertama SKF, Minggu (7/11/2021) malam.

Hilmar mengaku sempat heran saat mengetahui SKF digelar di Terminal Tirtonadi. “Kok terminal ada gedung pertunjukan. Tapi setelah tiba di sini, ternyata luar biasa,” ujarnya.

Baca Juga: Gedung Tua Berusia 111 Tahun di Solo Ini Butuh Revitalisasi, Tapi…

Hilmar mengapresiasi Kementerian Perhubungan yang telah menyediakan fasilitas penunjang terminal sekelas Convention Hall. Dengan kesuksesan penyelenggaraan SKF, pihaknya berencana menghelat kegiatan seni lain di Terminal Tirtonadi di masa mendatang.

Digelar Indoor

Hilmar mendorong para seniman mengoptimalkan keberadaan Terminal Tirtonadi Convention Hall Solo sebagai lokasi pertunjukan. “Kami dengan teman-teman seniman akan berusaha memanfaatkan tempat ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga fasilitas ini bisa hidup dan sesuai dengan tujuan pengembangan kawasan,” ujar Hilmar.

SKF 2021 menjadi ajang seni perdana yang memakai Terminal Tirtonadi Convention Hall sebagai lokasi pentas. Informasi yang dihimpun Solopos.com, ajang musik akbar Rock in Solo (RIS) 2021 kabarnya juga akan digelar di gedung seluas 3.564 meter persegi itu.

Baca Juga: Setahun Beroperasi, 2 Videotron Kota Solo ini Ternyata Melanggar Aturan

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dan panitia RIS sudah beberapa kali mengunjungi Convention Hall tersebut untuk melihat kesiapan fasilitas menggelar event musik cadas. Beberapa panitia RIS juga tampak hadir di hari pembukaan SKF, Minggu.

Dalam sebuah kesempatan, Gibran mengonfirmasi RIS akan digelar indoor meski masih merahasiakan lokasinya. Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, turut mengapresiasi keberadaan Terminal Tirtonadi Convention Hall.

“Awalnya memang bikin agak kaget nggih, agak tercengang. Masa festival keroncong di terminal, sama dengan ngamen di tiap bus. Namun ternyata gedung ini luar biasa,” ujarnya saat menghadiri SKF, Minggu malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya