SOLOPOS.COM - SLB Negeri Karanganyar. (slbnkaranganyar.com)

Solopos.com, KARANGANYAR — Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Karanganyar batal direlokasi ke eks gedung SDN 4 Karanganyar. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar memilih membangun gedung baru di lokasi lain untuk SLBN  tersebut.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan eks gedung SDN 4 Karanganyar dinilai kurang representatif untuk dijadikan gedung SLBN Karanganyar. Pasalnya, luas lahannya hanya 6.000 meter persegi. Sementara kebutuhan lahan untuk gedung baru SLBN Karanganyar luasnya lebih dari itu.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Tidak jadi pindah ke SDN 4 [Karanganyar] karena lahan di sana terlalu sempit. Ini saja [lahan yang ditempati saat ini] 6.000 meter persegi. Paling tidak ya 1.000 meter persegi,” ujar Bupati saat ditemui di sela-sela acara peringatan Hari Disabilitas Internasional di sekolah tersebut, Jumat (16/12/2022).

Pihaknya belum menentukan lokasi yang akan digunakan sebagai gedung baru SLBN Karanganyar. Namun ia menginginkan lahan itu tetap berlokasi di Kecamatan Karanganyar. “Lokasinya belum. Tapi yang jelas di kota-kota saja. Yang membangun nanti Pemkab Karanganyar dan untuk pengelolaan sekolahnya tetap di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan [Disdikbud] Jawa Tengah,” imbuhnya.

Baca Juga: Jadi Lahan Parkir, SLBN Karanganyar akan Direlokasi Usai Semester Genap

Ia juga menjelaskan bahwa sekolah bagi siswa berkebutuhan khusus tersebut juga memerlukan penataan khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan para siswanya. “Jadi nanti disusun dulu desainnya sesuai kebutuhan, sambil cari lokasinya,” kata Juliyatmono.

Untuk diketahui, lahan SLBN Karanganyar saat ini akan digunakan sebagai lahan parkir Masjid Agung Madaniyah Karanganyar. Namun relokasi tak bisa dilakukan begitu saja karena SLBN Karanganyar dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah. Pemkab Karanganyar sudah berkoordinasi dengan dinas tersebut.

Sebelumnya, sebagian orang tua murid SLBN Karanganyar meminta relokasi sekolah tidak terlalu jauh. Salah satu wali murid, Astuti, menyebut SDN 4 Karanganyar lokasinya tak terlalu jauh jika nanti SLBN Karanganyar di pindah ke sana. Jaraknya hanya sekitar 1,7 km dari lokasi lama.

Baca Juga: Begini Cara Siswa SLB-B di Karanganyar Belajar Mengaji

“Kalau soal relokasi bagi saya tidak masalah. Rumah saya di Badran Asri dekat sini. Jadi kalau sekolahnya mau dipindah ke SDN 4 Karanganyar bagi saya tidak terlalu jauh,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya