SOLOPOS.COM - Suasana pagi SDN Mojo di Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Foto diambil belum lama ini. SDN Mojo direncanakan menjadi SMAN 9 Solo pada PPDB 2023. (Istimewa/Sigit Pambudi)

Solopos.com, SOLO– Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengutamakan warga Solo khususnya Kecamatan Pasar Kliwon untuk mengikuti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 di SMAN 9 Solo.

“Solo kita utamakan, Solo dulu, Solo isih kurang, masak dikasih wong liya. Kita utamakan yang Solo meskipun lokasinya perbatasan ya,” kata Gibran ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Rabu (24/5/2023).

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Gibran meminta menunggu meskipun SMAN 9 Solo belum masuk pada data wilayah zonasi PPDB 2023 SMAN Provinsi Jateng Tahun Ajaran 2023/2024.

“Ditunggu dulu ya kita sudah mengusahakan semua. Sudah menyerahkan aset, syarat-syarat sudah dipenuhi, tergantung Pak Gubernur ya. Kita usahakan,” ujar dia.

Adapun Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng No.420/06582 tentang penetapan wilayah zonasi PPDB SMAN Provinsi Jateng Tahun Ajaran 2023/2024 di Kota Solo ada delapan SMAN, antara lain SMAN 1 Solo. Selanjutnya SMAN 2 Solo, SMAN 3 Solo, SMAN 4 Solo, SMAN 5 Solo, SMAN 6 Solo, SMAN 7 Solo, SMAN 8 Solo.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Tengah, Uswatun Hasanah memastikan SMAN 9 Solo tetap membuka pendaftaran untuk PPDB tahun ajaran 2023/2024.

“Karena izin baru turun, Nanti [SK] menyusul,” kata dia ketika dihubungi Solopos.com, Selasa (23/5/2022).

Hal senada disampaikan oleh Plt Kepala Cabang Dinas (Cabdin) Pendidikan Wilayah VII Jawa Tengah, Suratno. Dia juga memastikan SMAN 9 Solo tetap membuka pendaftaran.

Saat ini pihaknya sedang menunggu izin Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah.

“Apabila izin selesai maka [SK] akan segera disusulkan. Sementara ini mempercepat proses ijin dulu,” kata dia kepada Solopos.com, Selasa.

Setelah izin keluar, kata Suratno, tinggal menunggu SK Pendirian SMAN 9 Solo. “Nanti kalau SK Pendirian sudah jadi akan kita usulkan untuk masuk daftar PPDB,” lanjut dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya