SOLOPOS.COM - Beberapa siswa SMK Warga Surakarta yang berhasil menyabet gelar Juara I dan II pada ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Kota Solo 2024. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Warga Surakarta berhasil menyabet sembilan gelar juara di  Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Kota Solo, Selasa-Kamis (5-7/3/2024).

Capaian tersebut semakin mengukuhkan SMK Warga Solo sebagai salah satu sekolah yang punya tradisi juara di LKS tingkat Kota Solo.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Informasi yang dihimpu Solopos.com, LKS sendiri bisa dibilang adalah Olimpiade Sains Nasional (OSN)-nya anak SMK. Di mana tujuannya mengukur kompetensi, kreativitas, kempetitif, dan inovasi anak-anak SMK sesuai dengan bidang atau jurusan yang digeluti.

Tahun 2024, LKS di Solo terdiri atas 26 mata lomba yang dilombakan. Sementara 15 mata lomba di antaranya langsung maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Dari 26 mata lomba tersebut 9 siswa SMK Warga mampu menorehkan prestasi gemilang. Di mana 5 siswa SMK Warga berhasil menyabet 5 gelar Juara I di 5 mata lomba berbeda dan 4 siswa lainnya mampu menggondol 4 gelar Juara II di 4 mata lomba yang berbeda.

Marketing Communications Yayasan Warga Surakarta, Ishak, mengatakan keberhasilan siswa-siswa SMK Warga Solo di ajang LKS 2024 tingkat Kota Solo tidak lepas dari adanya program pembinaan intensif para siswa oleh bapak dan ibu guru. Dan pihaknya pun sudah melakukan penjaringan dan pemetaaan bagi siswa SMK Warga yang berprestasi sejak kelas X.

“Keberhasilan ini kami raih karena kami siapkan dengan matang lewat program pembinaan intensif khsusu LKS oleh guru-guru kami. Ditambah setiap tahun kami lakukan penjaringan dan pemetaan bagi siswa SMK Warga yang beprestasi sejak kelas X,” kata dia.

Ishak menambahkan capaian ini merupakan langkah awal dari SMK Warga di LKS 2024. Lantaran pihaknya punya target siswa-siswanya bisa melenggang ke tingkat nasional dan bisa maju ke tingkat internasional seperti beberapa tahun ke belakang.

“Capaian ini baru tahap awal bagi kami. Soalnya kamu punya target cukup tinggi yakni lolos nasional dan juara, sehingga bisa maju ke tingkat internasional seperti beberapa tahun lalu di Dubai, Uni Emirat Arab,” tambah dia.

Berikut adalah nama-nama siswa SMK Warga yang berhasil menorehkan prestasi membanggakan di LKS tingkat Kota Solo 2024:

1. Hasbulloh Thobroni Kuncoro (XI Elektronika) Juara 1 mata lomba Electronics.
2. Nito Catrianto (XII 01 TKR Otomotif) Juara 1 mata lomba Electronics.
3. Afif Muhammad Rifai (XII 03 TKR Otomotif) Juara 1 mata lomba Perbaikan dan Perawatan Sepeda Motor.
4. Ridwan Dwi Cahyono (XII M3) Juara 1 mata lomba CNC Turning.
5. Ahmadi Arif Nurihsan (XII M2) Juara 1 mata lomba Plastic Die Engineering.
6. Muh.Sri Kelan (XII M3) Juara 2 mata lomba Prototype Modelling.
7. Marska Fahri Mulyana (XII M2) Juara 2 mata lomba CNC Milling.
8. Naufal Dwi D (XII M2) Juara 2 mata lomba Gambar Manufaktur(CAD).
9. Yosi Ardiansyah Saputra (XI M2) Juara 2 mata lomba Welding.

Kesembilan siswa tersebut akan melanjutkan di LKS tingkat Provinsi Jawa Tengah akan dilaksanakan pada 14-16 Mei mendatang di Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Dan untuk melaju ke tingkat nasional mereka harus bersaing kembali dengan siswa-siswa terbaik SMK se-Jawa Tengah di bidangnya masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya