SOLOPOS.COM - Kegiatan semarak milad ke-13 SMP Muhammadiyah PK Solo. (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO–SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kotabarat Solo menggelar beragam kegiatan dalam rangka milad ke-13 pada 7-12 Desember 2023. Sekolah tersebut berkomitmen mengembangkan model pendidikan terintegrasi dengan penguatan kompetensi, literasi, dan karakter.

Milad ke-13 SMP Muhammadiyah PK Kotabarat Solo mengusung tema “Memajukan dan Mengunggulkan Sekolah, Mencerahkan Semesta”.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kegiatan  tersebut diikuti oleh para siswa dan tenaga pengajar. “Ada banyak kegiatan dalam rangka milad ke-13 SMP Muhammadiyah PK Kotabarat Solo. Ini bagian dari wujud kolaborasi dan menggali potensi unggul demi mekajuan sekolah,” kata Kepala SMP Muhammadiyah PK Kotabarat Solo, Muhdiyatmoko, saat berbincang dengan Solopos.com, Selasa (12/12/2023).

Terdapat tujuh kegiatan dalam peringatan milad SMP Muhammadiyah Kotabarat Solo. Yakni, jalan sehat, khataman Al-Qur’an, santunan anak yatim, lomba memasak dan tarik tambang antar kelas, dan bakti sosial.

Ada juga kegiatan jelajah sejarah Muhammadiyah Solo dan pentas seni (pensi) yang menampilkan talenta dan bakat para siswa dan guru. Kegiatan jalan sehat digelar pada 7 Desember.

Sementara khataman Al-Qur’an, bakti sosial dan santunan anak yatim dilaksanakan pada 8 Desember. Lomba tarik tambang dan menghias nasi tumpeng digelar pada 9 Desember. Sedangkan jelajah sejarah Muhammadiyah Solo diikuti oleg guru dan karyawan pada 11 Desember.

“Pentas seni menjadi puncak kegiatan milad SMP Muhammadiyah PK Kotabarat Solo. Ada 13 kelompok siswa yang tampil di panggung mulai dari vocal, drama, puisi. Guru juga tak ingin ketinggalan. Mereka tampil juga di pentas seni, bernyanyi di panggung,” ujar dia.

Moko, sapaan akrabnya, menyampaikan SMP Muhammadiyah PK Kotabarat Solo memiliki fasilitas unggulan berupa gelanggang olahraga bernama Gelora Surya Gemilang. Sarana olahraga itu bisa dimanfaatkan para siswa yang hobi badminton. Mereka bisa berlatih dan mengasah kemampuan di lapangan.

Di sekolah itu, ada 23 kelas bakat siswa mulai dari panahan, anggar, badminton, broadcasting hingga kaligrafi. “Pola pengajaran yang ditekankan pada peningkatan kompetensi, literasi, dan penguatan karakter siswa. Kampanye literasi terus digaungkan untuk membangun karakter,” papar dia.

SMP Muhammadiyah PK Kotabarat Solo juga meraih penghargaan sekolah adiwiyata Jawa Tengah. Sekolah ini menggelorakan gerakan sadar dan peduli lingkungan yang dilaksanakan para siswa, guru, dan karyawan sekolah.

Beragam inovasi lingkungan hidup juga dimunculkan di area sekolah. “Penghargaan sekolah adiwiyata menjadi kado spesial bagi sekolah saat memeringati milad ke-13,” papar Moko.

Pada Mei, puluhan siswa mengikuti kegiatan edutrip di Malaysia dan Singapura. Mereka belajar inovasi teknologi saat berkunjung ke sejumlah perguruan tinggi di dua negara tersebut.

Hal ini guna menambah pengamanan dan wawasan siswa yang mengikuti program internasional. “SMP Muhammadiyah PK Kotabarat Solo merupakan satu diantara 59 sekolah Muhammadiyah di Jawa Tengah yang mengimplementasikan program kelas internasional.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya