SOLOPOS.COM - Kapolresta Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi menyatakan akan mengedepankan mediasi dalam menyelesaikan penyegelan rumah yang digunakan untuk tempat ibadah di Banyuanyar. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, mengatakan pihaknya mengedepankan mediasi dalam penanganan konflik dugaan digunakannya rumah tinggal untuk tempat ibadah.

Mediasi akan dilakukan dengan menggandeng Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Solo. Sedangkan pihak yang dimediasi yakni warga yang menolak penggunaan rumah tinggal sebagai tempat ibadah, dengan pihak yang menggunakan rumah itu.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Kami bersama FKUB Solo akan memediasi pihak-pihak yang terlibat, yaitu warga yang menolak penggunaan rumah tinggal untuk ibadah, dengan yang menggunakan rumah tinggal untuk aktivitas mereka,” ujar Kapolresta Kombes Pol Iwan Saktiadi, saat menghubungi Solopos.com, Minggu (17/6/2023) malam.

Kapolresta mengatakan menurut informasi warga memang ada aktivitas ibadah di rumah tinggal tersebut. Namun, yang terpenting menurut dia bagaimana mediasi antara kedua belah pihak bisa dilakukan.

Sebab ada kemungkinan pihak yang menggunakan rumah tinggal untuk beribadah tidak mengetahui aturan yang mengatur hal itu. Sebab rumah yang digunakan itu selama ini memang kosong.  Pemilik rumah berada di Jakarta dan menyerahkan pengelolaan rumah kepada seseorang.

Iwan menjelaskan spanduk berjenis MMT berisi penolakan digunakannya rumah tinggal itu untuk beribadah, sudah diturunkan.

“Itu sebenarnya bukan penyegelan. Spanduk berjenis MMT berisi penolakan sudah langsung diturunkan,” sambung dia.

Pantauan Solopos.com, Senin (19/6/2023) siang, memang sudah tidak ada spanduk berjenis MMT di rumah yang sebelumnya diduga dipakai sejumlah orang untuk ibadah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya