SOLOPOS.COM - Mal Pelayanan Publik yang terletak di Jl. dr. Sutomo, Kelurahan Sine, Kecamatan Sragen. Foto diambil Rabu (14/12/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN — Mal Pelayanan Publik Kabupaten (MPP) Sragen sudah mulai beroperasi sejak Rabu (7/12/2022). Semua pelayanan dari beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) akan resmi berpindah ke pada besok Kamis (15/12/2022).

MPP akan dibuka dengan soft launching oleh oleh Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Hal ini  diungkapkan Bupati pada Senin (12/12/2022) dalam acara Pasar Murah di Kelurahan Sragen Wetan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Mal Pelayanan Publik MPP Sragen
Mal Pelayanan Publik di Jl. dr. Sutomo, Kelurahan Sine, Kecamatan Sragen. Foto diambil Rabu (14/12/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

“MPP sudah bisa melayani mulai tanggal 7 kemarin. Jadi besok [Kamis] akan dilakukan soft lauching. Kemudian pada Januari 2022 akan dilakukan peresmian oleh Menteri. Ada tambahan layanan dari Kemenag dan Taspen,” terang Bupati.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Sragen, Muh. Yulianto, mengatakan pelayanan Disnaker akan berpindah ke MPP mulai besok.

“Semua pelayanan Disnaker pindah ke MPP, seperti pembuatan kartu kuning, pelayanan rekomendasi Paspor, layanan perizinan lembaga pelatihan kerja [LPK], serta pengaduan kami terima di sini [MPP]. Kemudian pengaduan tersebut diselesaikan bisa diselesaikan di kafe pekerja di Technopark, sehingga konsultasi tersebut tidak terlalu formal, karena letaknya juga dekat dengan MPP,” terang Yulianto ditemui Solopos.com, pada Rabu (14/12/2022) dalam Bazar Tenant di halaman MPP Sragen.

Mal Pelayanan Publik MPP Sragen
Mal Pelayanan Publik di Jl. dr. Sutomo, Kelurahan Sine, Kecamatan Sragen. Foto diambil Rabu (14/12/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Baca Juga: Catat, Ini Layanan Disparpora Sragen yang Dipindah ke Mal Pelayanan Publik

Selain itu, di MPP juga akan dilengkapi layanan dari Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarpus) Sragen. Layanan itu yakni reading corner atau pojok baca, layanan anggota perpustakaan baik perpusda ataupun keanggotaan digital library i-Sragen.

Reading corner ini bertujuan masyarakat biar enggak bosan serta pelayanan Disarpus bisa lebih ke mendekat masyarakat melalui kemudahan akses membaca bisa dimana saja,” terang salah satu Pustakawan (Disarpus) Sragen, Wahyu Nugroho Wicaksono.

Mal Pelayanan Publik MPP Sragen
Read Corner di Mal Pelayanan Publik di Jl. dr. Sutomo, Kelurahan Sine, Kecamatan Sragen. Foto diambil Rabu (14/12/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Sebelumnya, sebanyak 29 dari 32 instansi pelayanan publik pada Rabu (16/11/2022) telah meneken nota kesepakatan bersama dengan Bupati Sragen untuk membuka pelayanan publik di MPP Sragen. MPP ini akan dibuka pada pertengahan Desember 2022 mendatang.

Ada ribuan pelayanan publik yang dilayani di MPP. Istimewanya lagi, pelayanan sedot tinja juga bisa dilayani di MPP Sragen.

Sejumlah instansi yang belum bisa melakukan tanda tangan nota kesepakatan bersama di antaranya Polres Sragen, Kantor Imigrasi Kelas I Surakarta, dan Samsat atau DP2D Provinsi Jawa Tengah. Kemudian Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah dan PT Jasa Raharja Perwakilan Surakarta.

Mal Pelayanan Publik MPP Sragen
Mal Pelayanan Publik di Jl. dr. Sutomo, Kelurahan Sine, Kecamatan Sragen. Foto diambil Rabu (14/12/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Baca Juga: Awas Kecele, Ini Layanan Dispendukcapil Sragen yang bakal Dipindah ke MPP

Saat Solopos.com berkunjung ke MPP Sragen pada Rabu, sejumlah petugas dari masing-masing OPD mulai menyiapkan stan pelayanan mereka masing-masing. MPP tersebut terdiri dari dua lantai, lantai pertama ditujukan untuk semua jenis pelayanan dari instansi publik yang terlibat sedangkan lantai kedua diperuntukan untuk DPMPTSP serta ruang rapat. MPP tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas ruang laktasi, mushola, dan tempat bermain khusus anak.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya