SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

SOLO-– Sebanyak 3000 tempat duduk seharga Rp25.000/unit disediakan bagi calon penonton event tahunan Kota Bengawan, Solo Batik Carnival (SBC) 2012 di Stadion R Maladi (Sriwedari-red).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Penjelasan itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, Widdi Srihanto saat ditemui wartawan Kamis (12/4/2012).

Menurutnya 3000 tempat duduk dibuka untuk umum, bagi siapa saja yang berminat menyaksikan gelaran SBC  pada 30 Juni 2012 mendatang.  “Nanti start rombongan SBC ya dari dalam Stadion Sriwedari, berputar dulu baru keluar ke jalan umum,” katanya.

Widdi meyakinkan bahwa penonton di tribun Stadion R Maladi tidak akan kecewa. Alasannya rombongan SBC tetap akan melakukan performance di dalam stadion dengan suguhan tambahan. SBC tahun ini akan dihelat kembali pada malam hari.

“Adanya biaya Rp25.000 ini karena penyelenggara butuh dana seperti untuk lightingdan sebagainya. Kami sediakan 3000 kursi di Sriwedari,” imbuhnya.

Kendati dikomersialisasikan, Widdi menjamin SBC tetap menjadi bagian pesta seni dan budaya masyarakat. SBC tetap bisa dinikmati di sepanjang jalur kirab seperti Jl Slamet Riyadi.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini penyelenggaraan SBC diserahkan kepada manajemen event. Ketika disinggung mengenai penyediaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2012 Rp115 juta, menurutnya sangat kurang. Sehingga dana tersebut lebih bersifat sebagai stimulan saja. Widdi membandingkan anggaran SBC tahun ini dengan gelaran Solo International Ethnic Music (SIEM) dan Solo International Performing Art (SIPA).

Secara terpisah, Jokowi menyatakan akan berusaha tetap menyaksikan gelaran SBC kendati diperkirakan sudah sibuk kampanye Pilkada DKI Jakarta Juni mendatang. Alasannya SBC sudah identik sebagai ikon pesta seni dan budaya Wong Solo. Bahkan dia berpikir untuk mengajak pasangan barunya dalam Pilkada DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk menyaksikan SBC. “Tetap datang lah. Nanti sekalian sama Pak Ahok,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya