SOLOPOS.COM - Astrid Widayani. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Kota Solo diyakini bakal menjadi pancer atau kiblat ekonomi dan politik nasional pada 2023. Optimisme itu disuarakan calon Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau Hipmi Solo, Astrid Widayani.

Menurut perempuan yang juga edupreneur tersebut, Kota Solo mampu menjalani tahun yang dibayangi resesi global dengan baik. Astrid menyebut Solo merupakan kota yang spesial dan bisa dibilang sebagai pancer atau kiblat banyak bidang, termasuk ekonomi dan politik nasional.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Semua tahu, Solo tidak hanya pusat ekonomi seperti investasi dan lain-lain. Tapi juga peta politik Indonesia. Kita tahu, Presiden [Joko Widodo] dari Solo. Kota ini juga melakukan banyak pergerakan dipimpin Mas Gibran [Wali Kota Solo],” ungkapnya saat wawancara dengan Solopos.com melalui ponsel, Selasa (3/1/2023) malam.

Berkaca dari banyaknya pergerakan di Solo sepanjang 2022, Astrid optimistis situasi dan kondisi yang sama akan terjadi tahun ini, yakni Solo akan makin berkembang sebagai kiblat ekonomi maupun politik.

Akan banyak event berskala nasional dan internasional yang digeber di Solo, baik di bidang ekonomi maupun bidang politik. Dinamika itu tentu akan membuat Solo dinamis, dan menggerakkan roda perekonomian. Ketika itu terjadi, Astrid menilai banyak keuntungan yang didapatkan Solo.

“Saya kira tahun 2023 Solo akan ramai. Banyak sorotan diarahkan ke sini,” tutur dia. Astrid tidak memungkiri dinamika tahun 2023 sebagai tahun politik akan turut dirasakan Kota Bengawan.

Solo Punya Pakem yang Tak Mudah Luntur

Tapi Solo sebagai salah satu kiblat ekonomi dan politik mempunyai influence-nya tersendiri. Solo akan tetap jadi magnet banyak orang.

“Solo ini bahasa Jawa-nya punya pakem yang tidak mudah luntur. Jadi saya merasa di beberapa sektor, tidak hanya ekonomi, ya budaya, pariwisata, pendidikan, itu pakem Solo sangat kuat. Bicara politik, Solo akan bisa menjadi pancer juga,” kata dia.

Astrid menilai dengan banyak potensi yang dimiliki Solo dan telah terbukti pada 2023, selayaknya masyarakat kota ini berbangga dan bersyukur. Gibran mampu menunjukkan kapasitasnya menarik banyak sekali event besar untuk datang ke kota ini.

“Tidak hanya satu, dua, dan itu pun event-event nasional dan internasional yang digeber di Solo. Saya sangat salut kepemimpinan Gibran banyak mendatangkan tidak hanya event, tapi juga investasi untuk masuk ke Solo,” papar edupreneur tersebut.

Secara terbuka Astrid mencontohkan adanya hibah pembangunan Masjid Raya Syeikh Zayed di Gilingan, Banjarsari. Dalam waktu dekat juga ada rencana pembangunan Islamic Center yang menjadi satu bagian dari Masjid Raya Syeikh Zayed.

“Awal tahun ini ada hadiah hibah dari UEA. Oleh-olehnya besar sekali dananya untuk bisa diteruskan ke dinas-dinas Solo. Jadi saya pikir 2023 solo ini tinggal bagaimana memanfaatkan apa yang sudah diusahakan Pemkot yang luar biasa sekali,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya