SOLOPOS.COM - Maskot Solo International Performing Arts (SIPA) 2021, Endah Laras (tengah), diiringi penari yang tergabung pada Sanggar Tari Semarak Candra Kirana membuka pertunjukan SIPA 2021 secara Hybrid dan Drive-in di Bengawan Solo Park at Jurug Zoo kompleks Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Solo, Kamis (7/10/2021). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Tiga agenda budaya dan pertunjukan seni Kota Solo lolos kurasi masuk Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 yang didukung penuh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kepala Bidang Seni dan Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo Tuti Orbawati mengatakan awalnya mengusulkan lima agenda ke Kemenparekraf. Kelimanya yakni Solo Keroncong Festival, Solo International Performing Arts (SIPA).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Kemudian Festival Payung, Festival Topeng, dan Solo Menari. “Yang lolos kurasi dari para kurator ada Solo Keroncong Festival, SIPA, dan Festival Payung,” katanya kepada wartawan, Selasa (19/7/2022).

Tuti menjelaskan keuntungan yang didapat event Solo dengan masuk KEN 2022, antara lain mendapatkan bantuan dana dari Kemenparekraf, bantuan promosi pariwisata. Kemudian membangun jejaring antarpelaku yang terlibat dari berbagai daerah.

Berdasarkan laman resmi Kemenparekraf, KEN 2022 merupakan kumpulan event berkualitas dari 34 provinsi di Indonesia. Arahnya menjadi strategi kolaborasi antara Kemenparekraf dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan kegiatan yang berkualitas.

Baca Juga: Waldjinah-Whawin Laura Ramaikan Solo Keroncong Festival, Cus Nonton!

KEN 2022 merupakan bentuk upaya Kemenparekraf dalam membangkitkan geliat event daerah dengan mempromosikan destinasi wisata, meningkatkan kunjungan wisata, dan memberdayakan potensi lokal.

Pelaksanaan KEN 2022 Kemenparekraf yang diikuti tiga event Solo diharapkan bisa memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan yang tepat manfaat, tepat sasaran, dan tepat waktu.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Uno meluncurkan program Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 pada 2 Maret 2022 lalu.  Total ada 100 event dari berbagai daerah di Indonesia yang masuk dalam kalender KEN 2022.

Baca Juga: Mau Malam Mingguan di Solo? Ini Sederet Agenda Wisata di Kota Bengawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya