SOLOPOS.COM - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Tengah menggelar kegiatan Forum Rembug Transportasi di Convention Hall Terminal Tirtonadi Solo, Rabu (24/1/2024). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO – Kota Solo meraih penghargaan layanan transportasi terkolaboratif dan terinovatif dari Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Tengah.

Indikator penghargaan tersebut pada aspek inovasi dan kolaborasi dengan swasta dalam mewujudkan layanan transportasi yang ramah dan mudah.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Penyerahan penghargaan dilakukan Kepala Dishub Jawa Tengah, Henggar Budi Anggoro kepada Kepala Dishub Solo, Taufiq Muhammad saat kegiatan Forum Rembug Transportasi di Convention Hall Terminal Tirtonadi Solo, Rabu (24/1/2024).

Selain Kota Solo, ada beberapa daerah lain yang meraih penghargaan serupa seperti Magelang dan Semarang.

Selama ini, Kota Solo memiliki layanan transportasi publik yang menjadi primadona masyarakat, yakni Bus Solo Trans (BST).

Layanan transportasi publik dengan skema by the service mampu perlahan-lahan mengubah perilaku masyarakat untuk beralih menggunakan angkutan massal.

“Layanan angkutan publik seperti BST di Solo dibarengi dengan feeder yang menyisir jalan-jalan perkampungan,” kata Henggar.

Moda transportasi publik itu bagian dari program transportasi angkutan cepat atau Teman Bus di kawasan perkotaan. Saat ini, proses pembayaran berbasis non tunai dengan menggunakan teknologi canggih.

Sehingga, memberikan layanan transportasi yang mudah, murah, ekonomis bagi masyarakat.

Pembayaran tarif bagi penumpang dilakukan menggunakan uang elektronik atau e-money.

“Kami berharap layanan transportasi publik yang memudahkan dan membantu aktivitas masyarakat bisa memicu daerah lain. Penghargaan ini apresiasi bagi Solo dan daerah lainnya,” papar dia.

Sementara itu, Kepala Dishub Solo, Taufiq Muhammad mengatakan evaluasi terhadap layanan transportasi publik tetap dilakukan. Masyarakat memilih menggunakan transportasi publik karena faktor kenyamanan dan keamanan.

Dua faktor itu bakal terus dijaga agar masyarakat lain juga memilih menggunakan layanan transportasi publik.

“Kami telah menambah halte portabel BST di sejumlah lokasi. Hal ini untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses moda transportasi publik,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya