SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Jumat (17/2/2023).

Solopos.com, SOLOSetiap berhenti sejenak untuk membenarkan letak sepatu

kau bertanya, Kau dengar gumam jalan ini? Ia sudah tua,

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

didendangkannya hujan yang suka membuka payung biru,

disenandungkannya kemarau yang suka berselimut udara

Usia 278 tahun bukan usia muda bagi sebuah kota. Dan sebagaimana penggalan syair Sapardi Djoko Damono dalam Sonet 14 yang membuka tulisan ini, jalanan Kota Solo adalah jalanan tua yang penuh kenangan dan romantisme berisi aneka kisah.

Namun bukan kisah-kisah kosong belaka tentu saja, melainkan kisah penuh makna dari perjalanan di masa lalu yang bermanfaat untuk menapaki masa depan. Pentingnya memelihara ingatan sejarah ini disampaikan oleh komunitas Solo is Solo lewat mural yang mereka lukis di sepanjang koridor Jl. Gatot Subroto (Gatsu). Di beberapa sudut tembok tergambar mural dengan menggambarkan lintas peristiwa sejarah.

Salah satu sudut tembok tergambar para pujangga yang lahir di Solo, seperti Ronggowarsito (1803-1873), W.S. Rendra (1935-2009), Wiji Thukul (lahir 1963), dan Sapardi Djoko Damono (1940-2020). Melalui mural karya Ferdi itu, Solo is Solo ingin menggambarkan bahwa Solo sebenarnya adalah Kota Pujangga. 

Karya para pujangga yang terlukis itu tidak hanya memiliki fungsi estetik, namun juga menangkap momen perjalanan kota yang kian hari selalu berubah. Misalnya puisi Wiji Thukul berjudul Jalan Slamet Riyadi yang ia tulis sekitar bulan Mei-Juni 1991, memperlihatkan perubahan kondisi jalan yang semula kanan-kiri dipenuhi pohon asam berubah menjadi pertokoan. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (17/2/2023). 

Terpilih Pimpin PSSI, Erick Lontarkan Sejumlah Rencana Besar

JAKARTA — Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki nakhoda baru yaitu Erick Thohir yang terpilih sebagai ketua umum dalam Kongres Luar Biasa PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023). Sejumlah rencana pun langsung dilontarkan Erick untuk masa kepemimpinannya. 

Dia menyatakan bakal melakukan perubahan di tubuh PSSI. Salah satu yang menjadi prioritas ialah porsi keterwakilan generasi muda dan perempuan di lingkungan sepakbola nasional.

“Insyaallah itu akan jadi dorongan perubahan statuta yang kita harapkan. Contoh tadi pemilihan Exco, minimal ada satu perempuan. Di  peraturan dunia olahraga internasional itu 30%, ini bukan salah-benar, tapi kita perbaiki,” ujar Erick. Dia juga menegaskan adaptasi menjadi kunci bagi PSSI jika ingin terus berkembang. “Wasit juga kenapa tidak kita coba perempuan, kalau ada polisi dan TNI perempuan, kenapa wasit tidak bisa,” ucap mantan Presiden Inter Milan tersebut. 

Erick menyampaikan keberadaan perempuan akan memberikan dampak yang signifikan bagi organisasi. Ia telah membuktikan hal ini di lingkungan BUMN, yang mana kondisi BUMN saat ini jauh lebih sehat dan mampu berkontribusi lebih tinggi bagi bangsa dan masyarakat. 

“Saya juga akan mendorong banyak kepemimpinan muda karena ini eranya anak muda, yang senior mendorong, mendukung, jadi mentor, tapi ujung tombak kalau bisa yang muda-mudalah ke depan,” lanjut Erick. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (17/2/2023). 

Mengoptimalisasi Vitamin Pemilu

JAKARTA — Kampanye pemilihan umum yang dimulai pada 2023 diharapkan bisa menjadi vitamin baru bagi pemulihan ekonomi nasional. Untuk kepentingan tahapan pemilu yang sudah dimulai pada tahun ini, Kementerian Keuangan telah mengalokasikan dana senilai Rp21,86 triliun.

“Tahun politik menjadi vitamin baru pemulihan ekonomi nasional pada 2023. Belanja politik dapat mendorong daya beli masyarakat,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartartodalam konferensi pers daring, Senin (6/2/2023).

Indonesia mengadakan hampir lima kali pemilu sejak reformasi yang selalu berjalan demokratis sehingga memberikan kepastian kepada investor untuk berinvestasi.

“Kestabilan politik akibat mandat kuat Presiden menjadi basis fundamental Indonesia menangani Covid-19 dengan baik. Bandingkan dengan negara lain yang politiknya tidak stabil, mereka gamang menghadapi Covid-19,” kata dia. Selengkapnya di halaman Ekonomi-Bisnis Harian Solopos edisi Jumat (17/2/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya