SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Rabu (22/2/2023).

Solopos.com, SOLO — Adanya sejumlah destinasi wisata baru di Kota Solo menjadi modal dalam upaya meningkatkan lama tinggal atau length of stay wisatawan di Kota Solo. Association of Indonesian Tours & Travel Agencies (Asita) Solo pun menyatakan siap berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk merancang paket wisatayang  menarik guna menambah jangka waktu tinggal wisatawan.

Destinasi wisata baru di Kota Solo berpotensi menjadi magnet wisatawan agar mau tinggal lebih lama. Hal ini terungkap saat pengurus DPC Asita Solo melakukan audiensi dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Selasa (21/2/2023).

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dalam kesempatan itu, para pengurus Asita Solo dan sejumlah pengusaha layanan perjalanan saling bertukar ide dan gagasan terkait potensi wisata yang bisa dioptimalkan pada 2023. Terlebih, beberapa destinasi wisata baru sudah dibuka untuk masyarakat. Misalnya, Solo Safari dan Pracima Tuin atau Taman Pracima di kompleks Mangkunegaran. 

“Prinsipnya, kami ingin mengoptimalkan destinasi-destinasi baru di Solo. Tentunya, pengusaha travel bersinergi dengan Pemkot Solo untuk merancang paket wisata menarik agar bisa dilirik wisatawan domestik maupun mancanegara,” kata Ketua DPC Asita Solo, Pri Siswanto, saat berbincang dengan wartawan, Selasa.

Tak menutup kemungkinan, destinasi wisata baru lainnya bakal segera dibuka untuk masyarakat. Seperti, Masjid Raya Sheikh Zayed di Banjarsari dan Taman Balekambang yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan pembangunan. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Rabu (22/2/2023). 

Sragen Jadi Percontohan Proyek Stunting Bank Dunia

SRAGEN — Sragen menjadi salah satu dari tiga daerah di Indonesia yang menjadi pilot project atau proyek percontohan penanganan stunting oleh Bank Dunia untuk periode kedua untuk 2024-2026. Inovasi-inovasi yang dilakukan Sragen dalam penanganan stunting akan diadopsi Bank Dunia (World Bank) sebagai program nasional bersama Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres).

Senior Health Specialist Health Nutrition and Population Global Practice Bank Dunia, Somil Nagpal, dan tim Bank Dunia lainnya bersama Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Setwapres, Suprayoga Hadi, berdialog dengan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, di Aula Citrayasa Rumah Dinas Bupati Sragen pada Senin (20/2/2023) sore. Bupati didampingi para pejabat eselon II terkait berdiskusi tentang penanganan stunting.

Diskusi itu berlanjut ke kunjungan lapangan di Desa Bener, Kecamatan Ngrampal, dan Desa Wonorejo, Kecamatan Kedawung, Sragen, pada Selasa (21/2/2023). Bupati mengusulkan tambahan lokasi yang akan dikunjungi, yakni di wilayah Kecamatan Mondokan. “Ini untuk persiapan program kerjasama dengan Bank Dunia untuk periode II untuk Sragen, yakni untuk 2024-2026 mendatang. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Rabu (22/2/2023). 

Sektor Logistik Menikmati Tahun Politik

JAKARTA — Bisnis logistik diprediksi mendapatkan cuan dengan memanfaatkan momentum tahun politik. Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) Mohammad Feriadi mengatakan perusahaan logistik dapat memanfaatkan pengiriman barang–barang dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Barang–barang tersebut seperti kotak suara, kertas suara, alat peraga, dan lainnya. “Ini sangat potensial karena pemilihan umum kan termasuk hajatan negara,” jelasnya, Jumat (17/2/2023).

Kemunculan potensi pengiriman barang–barang keperluan pemilu juga akan mendiversifikasi sumber penerimaan perusahaan yang umumnya berasal dari sektor e-commerce. Seiring dengan hal tersebut, Asperindo menyarankan perusahaan–perusahaan logistik untuk mempersiapkan seluruh fasilitas pendukung.

Sarana dan prasarana terkait amat penting untuk memastikan kelancaran pengiriman. Dia juga memprediksi jumlah pengiriman barang selama masa Ramadan dan Lebaran akan naik dibandingkan tahun–tahun sebelumnya. Meski demikian, Asperindo tidak dapat memprediksi potensi pertumbuhan selama periode ini. Selengkapnya di halaman Ekonomi-Bisnis Harian Solopos edisi Rabu (22/2/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya