SOLOPOS.COM - Harian Solopos edisi Senin (6/3/2023).

Solopos.com, SOLO — Keinginan orang untuk mengenakan produk sandang bermerk namun dengan harga murah mendapat jawaban dari pasar fashion bekas atau thrift. Padahal ternyata produk thrift yang dijual di pasaran kebanyakan justru limbah buangan dari negara lain. 

Hal ini sebenarnya ironis karena pasar barang bekas atau thrift sebenarnya bermula dari upaya mencegah menumpuknya limbah barang bekas. Orang menjual barang yang sudah tidak dipakainya namun kondisinya masih bagus, sementara konsumen barang yang sering dijuluki juga sebagai preloved ini membelinya agar tak perlu membeli barang yang baru sama sekali. Ada harapan bahwa jual beli barang baru sedikit tertahan sehingga tak mempercepat terbuangnya barang. 

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Repotnya, ada respons lain berupa perdagangan barang bekas skala besar yang sesungguhnya adalah limbah. Salah satunya terjadi di Indonesia. Perdagangan produk busana bekas di Indonesia menjadi ajang untuk berburu pakaian murah layak pakai dengan aktivitas bisnis yang cukup besar, padahal negara lain justru memandang barang-barang tersebut sebagai sampah atau limbah yang layak daur ulang. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Senin (6/3/2023). 

Serunya Colour Run IKA UNS

SOLO — Temu kangen para alumni sambil ikut acara lari? Jelas gayeng, ramai, seru, asyik, tak terlupakan, apa lagi ya? Heboh pokoknya. Begitulah suasana saat penyelenggaraan lomba lari Ikatan Keluarga Alumni Universitas Sebelas Maret atau IKA UNS Color Run 2023, Sabtu (4/3/2023) pagi. Acara dipusatkan di kawasan Danau Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, di mana start dan finish dimulai dari tempat itu.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membuka lomba lari dengan mengibaskan bendera tanda start. Dia juga menyambut positif acara olahraga tersebut.“Bagus, kegiatannya positif. Peserta ramai. Silahkan untuk terus mengadakan acara seperti ini, Pemkot selalu mendukung,” kata dia. Lomba lari IKA UNS Color Run ini digelar dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-47 UNS. 

Rektor UNS, Jamal Wiwoho, juga berharap acara ini bisa menjadi event tahunan untuk memperingati hari jadi kampus yang berdiri pada 11 Maret 1976 itu. “Saya berharap bahwa event ini menjadi kalender tahunan kalau nanti ada dies natalis lagi,” kata dia. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Senin (6/3/2023). 

REI Sodorkan 2 Skema Kepemilikan

JAKARTA — Perusahaan Persatuan Real Estate Indonesia (REI) menilai ada dua skema yang cocok untuk mendorong kelompok masyarakat berpenghasilan tidak tetap (non-fixed income) memiliki rumah subsidi. Pertama, KPR rent to own (RTO) untuk rumah tapak dan KPR staircasing shared ownership (SSO) untuk hunian vertikal. Keduanya ini didukung fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR) FLPP maupun KPR Tapera.

Demikian disampaikan Ketua Umum DPP REI, Paulus Totok Lusida, dalam keterangan resminya, Jumat (3/3/2023). Dia mengatakan terobosan pemerintah dalam hal pembiayaan perumahan untuk kelompok berpenghasilan tidak tetap bisa membantu mereka membeli rumah bersubsidi.

“Pangsa pasar perumahan itu hampir 65% adalah non-fixed income. Bagaimana caranya agar kelompok masyarakat ini juga bisa membeli rumah melalui BP Tapera,” kata Totok dalam keterangan resminya, Jumat (3/3/2023). Selengkapnya di halaman Ekonomi-Bisnis Harian Solopos edisi Senin (6/3/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya