SOLOPOS.COM - Rangkaian program spesial Sarasehan Pemimpin Muda yang digelar Solopos Media Group (SMG) dengan tema Young Inspiration Toward a Better Future. (Solopos.com).

Solopos.com, SOLO — Sebanyak sembilan pemimpin muda dari berbagai sektor bakal bertemu dalam satu program spesial Sarasehan Pemimpin Muda yang mengusung tema Young Inspiration Toward a Better Future di The Sunan Hotel Solo, Selasa (25/7/2023).

Acara yang digelar oleh  Solopos Media Group (SMG) ini mempertemukan para pemimpin muda di antaranya Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Bupati Blora Arief Rohman, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, dan Bupati Kendal Dico Ganinduto.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dari sektor bisnis akan hadir VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso dan Komisaris Independen BSI M. Arief Rosyid Hasan.

Berikutnya dari sisi budaya akan hadir Pengageng KHP Nitya Budaya Kraton Yogyakarta GKR Bendara, serta Adipati Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkoenagoro X .

Isu Ekonomi hingga Budaya

Sejumlah isu-isu penting bakal dibahas dalam acara bergengsi tersebut. Dimulai dari isu ekonomi bisnis yang berkaitan dengan persaingan global, transparasi dan teknologi, industri dan investasi hingga membahas soal budaya kerja.

Selanjutnya, forum tersebut juga bakal membahas isu kebudayaan yang dimulai dengan modernisasi kebudayaan, misi pelestarian dan tuntutan ekonomi, soal musik langgam dan budaya K-Pop, serta pembahasan soal krisis penjaga budaya.

Hal yang tak kalah penting, para narasumber bakal membahas tentang solusi pembangunan daerah. Ada delapan hal mendasar yang bakal didiskusikan oleh sembilan pemimpin muda tersebut.

Kesembilan bahan diskusi itu di antaranya soal solusi atas ketimpangan antarwilayah di Jawa Timur, inovasi atas keterbatasan anggaran di Blora, metamorfosis Solo sebagai Kota Budaya, juga membahas Kabupaten Kendal yang tengah menggagas jadi pusat investasi, industri dan keberlanjutan.

Pengembangan antardaerah juga tak lepas dari pentingnya kolaborasi antarpemimpin muda, digitalisasi daerah, serta peningkatan kualitas aparat pemerintahan.

Sebelumnya, pemimpin Redaksi Solopos Media Group, Rini Yustiningsih, menyebut banyak hal baru akan dihadapi sehingga pemimpin masa depan haruslah orang yang mau menerima perubahan dan hal baru tersebut. Oleh karena itu sosok muda semakin dibutuhkan.

Masyarakat membutuhkan para pemimpin muda yang memiliki visi lebih terbuka, kreatif, dan agile atau lincah menghadapi situasi maupun tantangan.

Mengingat, seluruh penduduk dunia bakal menghadapi tantangan berat di masa depan.  Mulai dari perubahan iklim, krisis energi, krisis pangan, hingga masalah geopolitik, dan tren digitalisasi.

Bappenas pernah memaparkan data Indonesia yang akan mendapat bonus demografi pada 5-15 tahun mendatang atau pada 2030-2040 banyak penduduk berusia produktif.

“Untuk itu, penting menyiapkan para pemimpin muda sedari sekarang sehingga bisa memaksimalkan bonus demografi demi menghadapi tantangan masa depan,” ungkap Rini, Kamis (20/7/2023).

Sementara itu, Rini menilai saat ini sejumlah nama pemimpin muda telah muncul.

Usia mereka boleh muda, namun dari sisi pemikiran dan program-program sangat luar biasa. Lantaran terbiasa berpikir kreatif dan adaptif, para pemimpin muda ini mampu memberikan solusi atas permasalahan di sektor bisnis, budaya, dan pembangunan daerah.

Inspirasi dari para pemimpin muda ini mengilhami Solopos Media Group (SMG) menggelar program spesial Sarasehan Pemimpin Muda yang mengusung tema Young Inspiration Toward a Better Future.

SMG mengemas sarasehan menjadi suatu program ngobrol bareng para pemimpin muda. Tujuannya satu, yakni menggemakan semangat kolaborasi untuk mewujudkan Indonesia lebih kuat dan maju.

Acara yang didukung Pertamina, BNI, Pemkab Blora, PT Blora Patragas Hulu, Candi Elektronik, BSI, dan The Sunan Hotel Solo tersebut akan digelar di The Sunan Hotel Solo pada Selasa (25/7/2023).

“Para pemimpin muda itu akan berdiskusi tentang sejumlah tema, seperti tantangan ekonomi, pelestarian budaya ala pemimpin muda, dan pemimpin muda pendorong Indonesia terus maju. Diskusi bersama lintas sektor itu diharapkan bisa melahirkan kesimpulan bersama tentang apa yang bisa dilakukan pemimpin muda untuk mewujudkan Indonesia Maju. Kolaborasi apa yang bisa dilakukan antarpemimpin daerah, pemimpin bisnis, dan pemimpin budaya,” tutur Rini.

Terakhir, Rini berharap sarasehan tahun ini menjadi forum yang mempertemukan para pemimpin muda untuk bisa berbagi pengalaman dan memberikan solusi atas permasalahan di sektor masing-masing.

“Cara beda dengan sentuhan khas anak muda. Para pemimpin muda inilah masa depan Indonesia. Untuk itu, mari berkolaborasi demi Indonesia menjadi lebih kuat dan makin kuat di masa depan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya