SOLOPOS.COM - Ekspedisi Mudik 2023. (Solopos.com-Danang Nur Ihsan)

Solopos.com, SOLO — Mudik Lebaran tahun 2023 ini diyakini bakal mendorong pergerakan perekonomian di daerah karena pemerintah sudah menghentikan pembatasan mobilitas dan kegiatan masyarakat.

Lebaran yang identik dengan tradisi mudik akan menguntungkan banyak sektor ekonomi dan memberikan dampak signifikan pada sektor ekonomi makro dan mikro. Begitu pula dengan mudik tahun ini karena mobilitas masyarakat untuk mudik dipastikan meningkat tajam dibandingkan mudik tahun lalu.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Mudik memberikan keuntungan bagi pemerintah dan sektor informal, seperti bidang transportasi, pengelola tempat wisata, pusat perbelanjaan, pelaku UMKM, dan lainnya.

Tahun ini, Solopos Media Group (SMG) akan memotret geliat ekonomi pada momentum mudik 2023. Kami akan menerjunkan tim untuk menjelajah rute mudik di sepanjang Pulau Jawa sejauh kurang lebih 2.000 km selama enam hari.

Ekspedisi kali ini dipastikan menjadi perjalanan yang istimewa. Sebab, jumlah pemudik Lebaran 2023 diperkirakan mencapai 123 juta orang atau meningkat dibandingkan dengan pada 2022 yang 85 juta orang. Sebagian besar pemudik akan menggunakan kendaraan pribadi yaitu mobil sehingga tol diprediksi menjadi jalur utama mudik. Harapan kami bisa menyajikan reportase Ekspedisi Mudik 2023 secara riil.

Ekspedisi Mudik 2023 dimulai Sabtu-Kamis (15-20/4/2022). Tim Ekspedisi Mudik terdiri atas Ginanjar Saputra (Manajer Konten), Andhika Wahyu Purnama (videografer), Gigih Windar Pratama (reporter), dan seorang driver, Mustofa, akan menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix mulai berangkat dari Solo menuju Pelabuhan Merak, Banten pada Sabtu (15/4/2023).

Ekspedisi Mudik 2023 adalah program kolaborasi Solopos Media Group dengan ASDP Indonesia Ferry, Pertamina Patra Niaga, PT KAI, Nasmoco, dan Oleh-oleh Khas Solo Era Jaya.

Nah, rute mana saja yang akan didatangi Tim Ekspedisi Mudik 2023? Berikut ini daftar lokasinya :

Minggu (16/4/2023)

1. Tim akan berada di Pelabuhan Merak untuk melihat potensi pemudik di jalur penyeberangan Merak.

2. Tim akan bergerak ke Stasiun Gambir-Pasar Senen untuk memotret kepadatan stasiun kereta api kelas besar tipe A itu dan tujuan pemudik.

Senin (17/4/2023)

1. Tim sudah berada Jalan Raya Bekasi-Cirebon untuk memantau ruas Tol Jakarta-Cikampek, Tol Cikopo-Palimanan, hingga Tol Palimanan-Kanci. Berikutnya, memantau kendaraan di jalur Cirebon-Brebes dan memotret geliat ekonomi di seputaran Cirebon.

2. Tim bergerak dari Cirebon ke Brebes. Di situ, tim akan melihat arus kendaraan di exit tol Brebes Timur. Tim juga mampir ke rest area KM 260B/KM252A Brebes untuk melihat fasilitas rest area, khususnya pengisian bahan bakar dan layanan siaga Pertamina.

Selasa (18/4/2023)

1. Perjalanan dimulai dari Brebes menuju Semarang melewati Batang. Tim akan memantau pemudik dan arus kendaraan di jalur Brebes-Batang, rest area KM379A atau KM391A di Batang.

2. Tim melanjutkan perjalanan ke rest area Salatiga melalui Tol Trans Jawa. Tim juga diharapkan dapat mengeksplorasi kuliner menarik setempat dan titik rawan macet di sepanjangTol Trans Jawa.

Rabu (19/4/2023)

Tim sudah tiba di Solo untuk memotret kondisi terkini di Stasiun Solo Balapan dan Terminal Tirtonadi Solo. Tim juga akan bergerak ke pusat oleh-oleh Kalilarangan. Perjalanan hari itu ditutup dengan pantauan arus lalu lintas di pintu Tol Ngasem, Colomadu. Perjalanan langsung dilanjutkan menuju timur yaitu Surabaya, Jawa Timur.

Kamis (20/4/2023)

Perjalanan tim berakhir pada hari itu di Surabaya. Tim akan melihat suasana terkini di Stasiun Gubeng-Pasar Turi. Selain itu, tim juga akan mengulas tentang tempat wisata di Surabaya yang bisa dikunjungi wisatawan. Tim akan memantau arus mudik dari Surabaya dan kembali di Kota Solo.

Nantikan hasil reportase Tim Ekspedisi Mudik 2023 di Solopos.com, koran Solopos, Youtube Espos Live, dan media sosial Solopos.

Ekspedisi Mudik 2023

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya