SOLOPOS.COM - Ilustrasi (dok/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (dok/JIBI/SOLOPOS)

KARANGANYAR-Festival Seni dan Budaya Kecamatan se-Kabupaten Karanganyar segera digelar di Kecamatan Tasikmadu, Kamis (28/6/2012). Cerita rakyat asal muasal Sondokoro menjadi salah satu potensi yang diunggulkan kecamatan tersebut.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Kemungkinan cerita rakyat itu akan dipentaskan dalam bentuk drama, ujar Kepala Desa Ngijo, Suwarso, saat ditemui Solopos.com, baru-baru ini.

Sedangkan Desa Karangmojo, kecamatan setempat rencananya akan menampilkan kesenian rebana yang sudah lama digeluti warganya. Kepala Desa Karangmojo, Sri Hardiyanto, mengatakan masih akan berkoordinasi dengan guru, warga dan tokoh masyarakat untuk menampilkan karya seni dan budaya yang dikehendaki masyarakat.

Camat Tasikmadu, Kurniadi Maulato, mengatakan setiap desa wajib menampilkan karya seni dan budaya yang mencerminkan karakteristik desa tersebut. “Waktu persiapan memang terbatas. Tetapi, saya harapkan masing-masing desa siap,” ujarnya dihadapan kepala desa, perwakilan guru dan perangkat desa yang hadir dalam sosialisasi pelaksaan festival di kantor Kecamatan Tasikmadu belum lama ini.

Menurut Kurniadi, even yang digelar bergilir antarkecamatan itu digagas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk menggali potensi wisata yang ada di setiap desa. Anggaran dana yang dikucurkan untuk menyelenggarakan Festival Seni dan Budaya Rp5 juta. Penampilan dari sepuluh desa se-Kecamatan Tasikmadu akan dinilai oleh dewan juri yang berasal dari kecamatan. Juara I, II dan III rencananya akan mendapatkan piala atau penghargaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya