SOLOPOS.COM - Logistik surat suara pemilihan presiden (Pilpres) dan DPD diterima KPU Karanganyar pada Minggu (7/1/2024) dini hari. (Istimewa/KPU Karanganyar)

Solopos.com, KARANGANYAR– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karanganyar merampungkan sortir dan pelipatan surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, dan DPD.

Saat ini KPU masih menghitung jumlah kerusakan dan kekurangan surat suara tersebut. Untuk selanjutnya akan dilaporkan ke percetakan untuk diganti.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ketua KPU Karanganyar Daryono mengatakan sortir dan pelipatan surat suara telah diselesaikan seluruhnya pada Sabtu (13/1/2024). Proses tersebut lebih awal diselesaikan dari rencana target rampung pada Senin (15/1/2024).

“Alhamdulillah bisa selesai Sabtu kemarin. Sekarang tinggal menunggu hasil rekap berapa surat suara rusak dan kekurangannya,” kata Daryono kepada Solopos.com, Minggu (14/1/2024).

Daryono mengatakan rekap surat suara yang belum selesai tinggal untuk logistik pemilihan DPRD Kabupaten. Sesuai rekapan surat suara, Daryono mengatakan untuk logistik pemilihan DPR diterima sebanyak 722.196 lembar. Dari jumlah itu ditemukan kekurangan dan kerusakan surat suara sebanyak 6.174 lembar. Kemudian untuk DPRD Provinsi dari diterima sebanyak 723.760 lembar, ditemukan surat suara rusak dan kekurangan 7.485 lembar.

Logistik surat suara pemilihan DPD diterima 721.438 lembar, dari sortir dan pelipatan ditemukan rusak dan kekurangan yang mencapai 4.019 lembar. Sementara surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden diterima sebanyak 722.592 atau kurang 1.129 lembar. Selama proses penyortiran dan pelipatan ditemukan 1.540 surat suara rusak. “Untuk surat suara pilpres ada kurang dan rusak sebanyak 2.669 lembar,” katanya.

Saat ini KPU tinggal menghitung hasil penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pemilihan DPRD kabupaten. Rekap tersebut ditargetkan selesai pada Minggu malam.

Selanjutnya KPU Karanganyar akan melaporkan data surat suara kurang dan rusak ke KPU Provinsi Jawa Tengah lalu Percetakan. Daryono mengatakan KPU Karanganyar tinggal menunggu logistik berupa formulir dan sampul yang belum diterima untuk Pemilu 2024.

Penjabat (Pj) Bupati Karanganyar Timotius Suryadi sebelumnya bersama jajaran Forkopimda Kabupaten Karanganyar melakukan pemantauan langsung logistik Pemilu di Gedung Logistik KPU Karanganyar pada Rabu (10/1/2024).

Pj. Bupati mengatakan bahwa persiapan menuju Pemilu 2024, mulai dari tahapan logistik dan pengiriman telah dilaksanakan dengan baik. Dia mengatakan dari hasil proses pelipatan surat suara ditemukan ribuan surat suara rusak dan saat ini telah dikembalikan kepada percetakan untuk diganti.

“Kita ingin memastikan semua dalam kondisi aman. Saat pelipatan surat suara memang ditemukan yang mengalami kerusakan. Sekarang sudah dikembalikan ke percetakan untuk diganti,” ujarnya selepas melakukan pengecekan logistik Pemilu di gudang KPU Desa Gaum Kecamatan Tasikmadu Karanganyar.

Pj bupati menuturkan KPU Karanganyar tinggal menunggu pengiriman formulir sebagai alat kelengkapan pelaksanaan Pemilu.

“Sudah ada penjadwalan pengiriman. Saya hanya ingin memastikan jika semua logistik sudah terkirim. Gudang penyimpanan aman. Saya berharap semua bisa berjalan dengan baik,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya