SOLOPOS.COM - Para siswa membaca Koran Solo dan Solopos dalam acara Semarak Literasi MIM PK Kateguhan Sawit, Boyolali, Kamis (15/12/2022). Selain membaca, para siswa juga menampilkan ekstrakurikuler mereka seperti drumband, beladiri, dan sebagainya. (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Salah satu berita berjudul Ambisi Messi Persembahkan Trofi yang tayang di Koran Solopos menjadi bacaan kalangan siswa MIM PK Kateguhan, Sawit, Boyolali.

Suara riuh puluhan anak yang berlatih drumband terdengar di MIM Program Khusus (PK) Kateguhan, Sawit, Boyolali pada Kamis (15/12/2022) pagi. Beberapa siswa yang lain asyik bermain dan berbincang bersama teman-temannya di halaman sekolah.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Keramaian tersebut akhirnya berhenti ketika penyiar Solopos FM yang juga menjadi pembawa acara Solopos Ayo Membaca, Rizal Fahlevi, mengucap salam kepada mereka. “Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh!” teriaknya kepada anak-anak.

Sekitar 282 siswa MIM PK Kateguhan Sawit kompak menjawab salam tersebut. Levi sempat menanyakan kabar mereka. Dan kompak pula mereka berteriak baik. Mereka juga berteriak jika merasa bahagia kedatangan tim Solopos dalam rangka Ayo Membaca Solopos, Semarak Literasi MIM PK Kateguhan Sawit.

Acara semarak literasi yang juga ajang class meeting siswa tersebut dimulai dengan penampilan drumband dari siswa kelas IV dan V. Ada yang menjadi mayoret, memukul drum, piano, dan alat-alat lainnya. Pakaian mereka memang tak seragam, tapi musik mereka senada.

Seusai drumband berakhir, enam siswa dari ekstrakurikuler Tapak Suci langsung tampil. Mereka mencuri perhatian ratusan siswa yang melihat gerakan beladiri yang ditunjukkan.

Salah satu yang mencuri perhatian adalah murid kelas V, Attila Al Kautsar atau biasa dipanggil Attar. Seusai memegang drum trio, ia langsung bergabung dengan tim Tapak Suci.

Baca Juga: Miliki Peralatan Canggih, Bengkel SAT Berupaya Jadi Trendsetter di Boyolali

Beberapa gerakan bela diri berharmoni dengan latar musik yang mengiringi penampilan enam siswa laki-laki tersebut, termasuk Attar. Setelah tampil bersama teman-temannya, siswa laki-laki berusia 11 tahun itu sempat berbincang dengan Solopos.com.

“Hari ini saya main tiga kali. Yang pertama drumband, saya pegang trio. Kemudian ini tadi tapak suci, dan nanti saya bakal main gitar,” ujarnya.

Attar mengatakan ia bermain drumband sejak kelas IV, kemudian belajar bela diri tapak suci sejak kelas V awal. Untuk bermain gitar, dirinya ternyata sudah bisa sejak TK.

Ia mengaku tak capai walau harus tampil tiga kali dalam Ayo Membaca Solopos, Semarak Literasi MIM PK Kateguhan Sawit, Boyolali. “Soalnya class meeting ini spesial, kami kedatangan tamu dari Solopos. Jadi semangat tampil. Ini nanti saya tampil lagi main gitar tentang lagu mars Muhammadiyah, Sang Surya,” jelasnya.

Baca Juga: Sembuh Berkat Makanan Organik, Penyintas Kanker di Salatiga Kini Dirikan Resto

Attar mengaku walaupun sibuk berlatih drumband, beladiri, dan gitar, dia masih sempat untuk membaca. Ia mengaku jarang membaca berita, akan tetapi lebih suka membaca komik. “Saya juga semangat untuk membaca koran hari ini, ingin tahu informasi baru apa,” jelasnya.

Messi Rebut Perhatian

Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Ayo Membaca Solopos. Ratusan murid masing-masing menerima satu koran baik koran Solopos atau Koran Solo.

Host Levi kemudian memberi kesempatan murid MIM PK Kateguhan untuk membaca koran. Akan tetapi mereka mendadak heboh ketika melihat gambar pesepak bola dunia, Lionel Messi.

Mereka langsung tertarik ketika gambar bintang sepak bola asal Argentina tersebut terpampang besar di koran Solopos dan Koran Solo. Suasana kemudian hening, seluruh siswa membaca artikel tulisan dari jurnalis Solopos, Rudi Hartono, berjudul Ambisi Messi Persembahkan Trofi.

Tak berselang lama, host menantang para siswa untuk menceritakan kembali apa yang dia baca. Kemudian, dua orang anak kelas I maju ke depan. Salah satunya adalah Naufal Albi Hidayat.

Baca Juga: Jersey 10 Maradona & Messi, Duo Terbaik Argentina

Ia dengan percaya diri maju menjawab pertanyaan Levi. “Tadi baca ada Messi,” jawabnya polos.

Ia pun berhasil menjawab negara dari Messi yang berasal dari Argentina. Tak hanya itu, host juga memintanya mengeja nama Lionel Messi. “L-I-O-N-E-L M-E-S-S-I,” jawabnya disambut tepuk tangan semua teman-temannya.

Seusai berhasil menjawab pertanyaan host, Albi mendapatkan sebuah wadah minum. Ia kemudian turun panggung dan berbincang sebentar dengan Solopos.com. Siswa laki-laki tersebut mengaku sebagai penggemar Messi.

“Saya suka Messi, saya juga nonton Piala Dunia bersama keluarga. Saya tahu Messi dari Argentina karena tadi ada di tulisan,” ujarnya. Ia mengaku belum membaca semua artikel akan tetapi ia tertarik dengan gambar Lionel Messi yang menjadi idolanya.

Baca Juga: Mbappe Raih Sepatu Emas, Messi Bawa Bola Emas Piala Dunia 2022



Sementara itu, Kepala MIM PK Kateguhan Sawit, Erma Praptiwi, sangat senang dengan datangnya tim Ayo Membaca Solopos pada class meeting sekolahnya. Ia mengatakan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mempertajam literasi anak-anak.

Walau begitu, ia tak memaksa untuk anak kelas I membaca dan memahami semua yang ada di koran. “Kan literasi itu enggak hanya membaca tulisan, jadi mungkin anak-anak yang kelas I yang bisa melihat gambar ya nanti membaca gambar, menceritakan ulang gambar yang mereka lihat,” jelasnya.

Erma juga sangat senang dengan kehadiran tim Solopos karena dia merasa anak-anak merasa lebih ingin eksis ketika ada tamu yang datang. “Terbukti tadi ada beberapa anak yang insidental menampilkan potensi mereka seperti reog dan macapat. Padahal anak-anak yang maju itu kadang di kelas diam, jadi semoga nanti lebih banyak yang menunjukkan potensi mereka,” jelasnya.

Ia menambahkan, dalam acara Semarak Literasi MIM PK Kateguhan tersebut belum semua ekstrakurikuler ditampilkan. Dalam acara tersebut, jelasnya, baru drumband, Tapak Suci, dan tari tradisional yang disampaikan. Tambahannya pun hanya pemberian penghargaan untuk siswa-siswi berprestasi.

Baca Juga: Trofi Piala Dunia 2022 Jadi Koleksi Ketiga Argentina

Erma mengungkapkan alasan hanya sebagian yang ditampilkan karena keterbatasan waktu. Beberapa ekstrakurikuler yang belum ditampilkan seperti ekskul robotic yang mendulang prestasi, panahan, dan sebagainya.

“Kami sering juara di bidang robotik ada juara III Madrasah Robotic Competition tingkat Nasional 2018, di event yang sama pada 2020 kami juara II dan III. Kemudian finalis Robotic Competition Nasional 2022, Olimpiade Sains dan Matematika, juara II panahan Dimsa Sragen, dan sebagainya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya