SOLOPOS.COM - Pengunjung menikmati soto daging sapi di Warung Soto Sarinah Kita, yang terletak di timur kantor Kelurahan Papahan, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Jumat (29/10/2021). (Solopos.com/Syifa Tri Hastuti)

Solopos.com, KARANGANYAR — Soto Sarinah Kita adalah warung soto yang sangat terkenal di kalangan warga Sragen. Lokasinya di timur kantor Desa Papahan, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar.

Sesuai namanya, warung soto ini didirikan Mbah Sarinah, Saat ini dikelola oleh cucunya yaitu Budi Santoso.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Warung Soto Sarinah Kita memiliki sembilan pegawai dan hanya memiliki satu menu utama yaitu soto daging sapi. Walau begitu tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Faktor harga yang terjangkau bagi siapa saja menjadi salah satu daya tarik. Satu porsi soto daging sapi hanya dipatok Rp 5.000. Sementara teh hangat atau es teh hanya Rp 2.000/gelas. Minuman jeruk hangan atau es jeruk hanya Rp 3.000/gelas. Soto Sarinah Kita buka mulai pukul 06.30 WIB-15.00 WIB setiap hari.

Baca Juga: Huh.. Hah.. Inilah 5 Kuliner Ekstra Pedas di Sragen yang Layak Dicoba

Menurut keterangan pegawai yang sudah bekerja tujuh tahun, Sudarmi, pelanggan Warung Soto Sarinah Kita bukan hanya dari Karanganyar. Banyak juga dari luar kota.

“Yang datang ke sini ada yang dari Salatiga, Sragen, bahkan ada orang yang baru datang dari Jakarta, kalau makan soto ya ke sini. Dalam satu hari bisa habis sekitar 500 mangkuk soto lebih,” kata Sudarmi.

Omzet Rp10 Juta/Hari

Dalam satu hari Soto Sarinah Kita bisa meraup omzet kurang lebih sekitar Rp10 juta. Selain soto, ada juga menu pendamping yakni tempe, tahu, ati ampela, kepala ayam goreng, dan sate telur puyuh yang disediakan di meja pembeli. Harganya pun murah, mulai dari Rp500 sampai dengan Rp 5.000.

Baca Juga: Efek Kunjungan Sandiaga, Kuliner Desa Wisata Sangiran Ludes dalam 3 Jam

“Ada aja pembeli yang bohong, bilangnya hanya ambil satu padahal dua. Dulu juga ada yang membawa kantong plastik hitam kosong, lalu pada saat akan membayar kantong plastiknya berisi, bilangnya beli di pasar, saya sih tidak tahu tapi ada pembeli lain yang mengadu. Tapi kata bos ya ikhlaskan saja nanti ada rezeki lain lagi, jadi ya sudah,” kata Sudarni.

Di warung soto ini juga live music untuk hiburan. Pengunjung bisa memesan lagu yang akan dinyanyikan, sehingga tidak cuma menikmati makanan yang enak tapi juga terhibur.

“Memang kami bekerja sama dengan pemusik untuk menghibur pembeli, bekerja sama sudah sekitar satu tahun ini,” sambung Sudarni.

Saat ini, Warung Soto Sarinah Kita memiliki dua cabang. Selain di daerah Tasikmadu yang dikelola oleh sstri dari Budi Santoso, cabang lainnya baru dalam tahap pembangunan di dekat STIKes Mitra Husada Karanganyar.

Baca Juga: Lezatos! Sambal Tumpang Sorsi Kuliner Andalan di Sragen, Cuma Rp5.000 Hlo

Salah satu pelanggan, Andi, mengaku lebih menyukai Soto Sarinah ketimbang soto lain. “Rasanya hampir sama seperti soto yang lain tapi lebih enak disini, pilihan menu lauknya juga banyak dan bervariasi. Pelayannya ramah, dan harganya juga terjangkau,” kata Andi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya