SOLOPOS.COM - Layanan Sragen Merdeka Membaca di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Sragen, di Jalan Raya Sukowati Barat No. 15 Sragen 57213, pada Jumat (22/7/2022). (Solopos.com/Galih Aprilia Wibowo)

Solopos.com, SRAGEN — Setelah terhenti dua tahun akibat pandemi Covid-19, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen kembali mencanangkan Sragen Merdeka Membaca.

Tujuan program ini adalah memberikan kemerdekaan semua kalangan masyarakat untuk menikmati layanan perpustakaan tanpa terkendala waktu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Jadi Sragen Merdeka Membaca ini bertujuan menghilangkan dimensi waktu dan tempat. Tidak terpaku pada jam kerja, serta lingkup kabupaten saja. Tapi kami mencoba mendekat ke masyarakat dengan perpustakaan di kecamatan dan desa,” terang Pustakawan Ahli Muda Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen, Romi Febriyanto Saputro, saat ditemui Solopos.com di kantornya pada Jumat (22/7/2022).

Sebagai bentuk komitmen Disarpus Sragen menjadikan perpustakaan sebagai pusat kegiatan belajar masyarakat, mereka membuka layanan selama 72 jam setiap pekannya. Dengan layanan ekstra itu para pelajar masih mempunyai kesempatan untuk mampir ke perpustakaan setelah pulang sekolah. Para pekerja pun masih bisa ke perpustakaan di luar jam kerja.

Baca Juga: Perpustakaan Digital iSragen, Kenalkan Konten Lokal Sragen

Melalui Sragen Merdeka Membaca, Disarpus juga berupaya membuka akses membaca di seluruh wilayah Kabupaten Sragen dari wilayah kota sampai ke pelosok. Sementara ini sudah ada sejumlah perpustakaan di kecamatan seperti di Gemolong, Gondang, Jenar, dan Taman Sukowati Sragen.

Perpustakaan di Gemolong dan Gondang banyak peminatnya. Ini karena koleksi bacannya beragam dan bangunannya dua pun besar, dua lantai. Berbeda dengan perpustakaan di Kecamatan Jenar yang masih embrio. Fasilitasnya belum selengkap di Gemolong dan Gondang.

Perpustakaan Kecamatan Gemolong yang terletak di Jl. Soetomo Nomor 90 ini diresmikan penggunaanya oleh Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman, pada tanggal 23 April 2016. Perpustakaan ini memiliki gedung dua lantai seluas 320 m² yang berdiri di atas lahan 600 m². Di sini terdapat ruang koleksi, ruang baca, ruang referensi, ruang terbitan berkala, ruang pengolahan, ruang khusus anak, aula, mushola, dan toilet.

Baca Juga: Menjaga Eksistensi Perpustakaan Daerah Sragen

Sementara itu Perpustakaan Kecamatan Gondang berada di Jl Wisma Praja No. 1. Gedung perpustakaan ini diresmikan Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, pada tanggal 17 Oktober 2008. Perpustakaan Kecamatan Gondang juga memiliki bangunan dua lantai dengan luas 320 meter persegi. Fasilitasny serupa dengan Perpustakaan di Gemolong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya