SOLOPOS.COM - Pengendara melintas di depan bangunan Sentra IKM Mebel Gilingan, Solo, Minggu (13/8/2023). IKM Mebel Gilingan berganti nama menjadi Sri Kayu dan Wali Kota berharap akhir Agustus sudah diresmikan. (Solopos.com/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO– Sri Kayu menjadi nama resmi sentra IKM Mebel Gilingan di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta Sri Kayu dapat dikunjungi akhir bulan ini.

Gibran menjelaskan Dinas Koperasi UKM Perindustrian Kota Solo semula ingin memberikan nama salah satu dari 17 titik prioritas pembangunan Pemkot Solo dengan nama Sentra IKM Mebel Gilingan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

“Kami pengin branding yang singkat-singkat saja ya. Orang langsung nyantol tidak perlu panjang, tidak perlu disingkat. Orang gak tahu singkatannya, gak tahu kepanjangannya,” kata dia ditemui wartawan di Balai Kota Solo, Senin (21/8/2023).

Gibran meminta supaya Sri Kayu bisa dibuka pada akhir bulan ini. Dinas Koperasi UKM Perindustrian Kota Solo sedang tahap memasukkan furniturnya.

“Di sana sudah diploting tempat-tempat siapa-siapa yang masuk, tenang saja. Apik kok. Mereka dari pedagang lama terus ada dari asosiasi mebel,” papar dia.

Menurut dia, pelaku usaha yang terlibat disediakan pabrik kecil atau workshop dengan peralatan lengkap. Sri Kayu bisa menjadi tempat produksi serta pameran produk para pelaku usaha yang tergabung.

“Produknya bisa dibeli atau dipesan dalam jumlah banyak,” paparnya. Selain itu, kata Gibran, Sri Kayu bisa menjadi destinasi wisata belanja mebel dan tempat studi banding terkait industri mebel.

Adapun Dinas Koperasi UKM Perindustrian Kota Solo menjadwalkan Gibran meninjau Sri Kayu, Sabtu (12/8/2023) pukul 15.00 WIB. Namun, Gibran tidak hadir karena pada waktu yang sama mendampingi Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Lokananta.

Pejabat Pemkot Solo yang hadir meninjau Sri Kayu, antara lain Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Solo Gatot Sutanto.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Solo Tamso, Asisten Administrasi Umum Setda Solo Kentis Ratnawati, Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian Kota Solo Wahyu Kristina atau akrab disapa Ina.

Kepala Satpol PP Arif Darmawan, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Teguh memimpin syukuran pembangunan gedung Sri Kayu. Teguh memotong tumpeng lalu menyerahkan kepada Ina.

Selanjutnya Teguh meninjau sejumlah ruangan di Sri Kayu. Sudah ada sejumlah alat penunjang industri mebel di dalam gedung Sri Kayu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya