SOLOPOS.COM - Bupati Klaten Sri Mulyani. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Klaten 2024 tinggal beberapa bulan lagi. Namun, belum ada satu pun partai politik (parpol) maupun gabungan parpol yang terang-terangan mengumumkan nama calon maupun pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) yang bakal diusung.

Hal itu termasuk DPC PDIP Klaten sebagai satu-satunya parpol yang bisa mengusung pasangan cabup-cawabup tanpa harus berkoalisi dengan parpol lain. PDIP mendapat kursi terbanyak yakni 18 kursi pada Pemilu 2024.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Namun, PDIP hingga kini belum memunculkan tokoh yang berpeluang jadi cabup maupun cawabup. Ketua DPC PDIP Klaten, Sri Mulyani, mengatakan sebenarnya sudah ada calon yang disiapkan untuk diusung PDIP pada Pilkada Klaten, November 2024 mendatang.

Namun, dia belum mau membuka siapa saja calon yang akan diusung itu. Mulyani mengaku masih merenungkan siapa yang akan diumumkan maju sebagai cabup maupun cawabup di Pilkada Klaten.

“Calon sudah ada. Masih dalam penggodokan dalam kawah Candradimuka Ketua DPC,” jelas Bupati Klaten tersebut saat ditemui wartawan di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, Rabu (13/3/2024).

Sebelumnya, Mulyani menyebut ada banyak kader PDIP yang potensial menjadi cabup-cawabup pada Pilkada Klaten 2024. Namun, dia menilai ada tiga kader PDIP Klaten yang sangat potensial. Hanya, Mulyani belum menyebut siapa saja ketiga kader yang dimaksud. “Ada yang muda, ada yang tua,” kata dia.

Seperti diberitakan, polling soal cabup hingga pasangan cabup-cawabup untuk Pilkada Klaten 2024 bermunculan sepekan terakhir. Setidaknya ada dua polling yang dibuat melalui laman pollingkita.com. Ada polling yang memunculkan nama-nama tokoh di Klaten.

Siapakah calon bupati Klaten pilihan anda??” tulis pengantar salah satu polling yang kemudian menyebutkan nama-nama tokoh untuk dipilih.

Tokoh yang disebut dalam polling cabup tersebut yakni Agung Bakar (Bolonemase), Sutarno (PDIP), Yoga Hardaya (Wabup Klaten), One Krisnata (Demokrat), Haryanto (Gerindra), Aris Widiarto (PDIP), Edi Sasongko (PDIP), Suyatmi (Gerindra) dan Jajang Prihono (Sekda Klaten).

Pada polling lainnya memunculkan nama pasangan cabup-cawabup. Nama-nama yang muncul yakni Ambar Suseno (KPK)-Aris Prabowo (PDIP), Hamenang W (PDIP)-Haryanto (Gerindra), Jajang Prihono (Sekda)-Suyatmi (Pengusaha) dan Yoga Hardaya (Golkar)-Jaka Sawaldi (eks Sekda).

Sebagai informasi, tahapan Pilkada sudah dimulai sejak 26 Januari 2024. Pendaftaran akal calon sesuai tahapan yakni mulai 27Agustus 2024. Sementara tahapan pemungutan dan penghitungan suara dijadwalkan 27 November 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya