SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengenakan kalung berbandul topeng wajah Sri Rama saat membuka pameran produk UMKM Solo di Paris, Prancis, Rabu (8/6/2022). (Youtube Gibran Rakabuming)

Solopos.com, SOLO — Perusahaan rintisan atau starup Mangkokku yang didirikan chef ternama Indonesia Arnold Poernomo, pengusaha kuliner Randy Kartadinata, serta kakak beradik Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep bisa berkembang di saat startup lain menurun selama pandemi Covid-19.

Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, membeberkan rahasia bisnis startup Mangkokku hingga bisa bertahan di tengah pandemi Covid-19. “Di tengah pandemi hampir semua startup itu bangkrut. Beda dengan Mangkokku. Memang saat pandemi penjualannya naik. Banyak investor yang tertarik. Bagaimana ta bisa tambah ramai. Lalu kami dapatnya Emtek [PT Elang Mahkota Teknologi Tbk],” katanya, Senin (13/6/2022).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Gibran menjelaskan investasi yang diperoleh startup Mangkokku hingga bisa mengembangkan sampai 100 outlet di dalam negeri. Penambahan outlet dikejar pada tahun ini.

Ditanya apa yang membedakan Mangkokku dengan perusahaan rintisan lain, Gibran menjelaskan Mangkokku lebih mengembangkan usaha secara online. “Dulu konsepnya di dalam mal. Lalu kena Covid-19, kami mengubah konsep. Kami termasuk yang pertama mengembangkan cloud kitchen,” paparnya.

Dia mengklaim Mangkokku mulai mengembangkan cloud kitchen sebelum pandemi. Waktu itu, mayoritas perusahaan masih bingung atau belum ada bayangan mengenai cloud kitchen.

Baca Juga : Startup Mangkokku Diminati Banyak Investor, Gibran Beberkan Rahasianya

Mengutip Bisnis.com, Mangkokku siap meluncurkan holding company Nusantara Culinary Group seusai mendapatkan pendanaan senilai US$7 juta atau setara Rp101 miliar. Co-Founder dan CEO Mangkokku, Randy Kartadinata, mengatakan pendanaan segar tersebut bisa mempercepat peluncuran Nusantara Culinary Group.

“Nusantara Group ini akan mulai dari minuman, sambal kemasan, dan berbagai jenis hidangan lain,” katanya dalam siaran pers, Senin (6/6/2022).

Dia menuturkan Mangkokku juga menargetkan membuka outlet ke-100 tahun ini serta 100 gerai lagi pada 2023. Co-Founder dan General Partner Alpha JWC Ventures, Jefrey Joe, menjelaskan Mangkokku terus meraih pencapaian baru sejak investasi setahun lalu, yaitu peluncuran flagship store yang sukses di Jakarta. Kemudian, ekspansi gerai di 10 kota besar Indonesia dan basis pelanggan yang kuat dan loyal secara online dan offline.

Hal ini didukung dasar research and development (R&D) dan inovasi Mangkokku yang kuat. Startup Mangkokku memungkinkan peluncuran produk baru hidangan Indonesia kontemporer dan unik dengan kualitas terbaik secara konsisten di setiap hidangan. “Kami sangat antusias untuk melanjutkan kerja sama dengan Randy dan tim, serta menantikan inovasi mereka selanjutnya,” kata Jefrey Joe.

Mangkokku mengumumkan pendanaan Seri A senilai US$7 juta atau setara Rp101 miliar yang dipimpin Alpha JWC Ventures dan Emtek dengan partisipasi dari Cakra Ventures.

Baca Juga : Kian Moncer, Bisnis Kuliner Gibran Dapat Kucuran Dana Segar Rp28,3 Miliar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya