SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Karanganyar (Solopos.com) – Harga jual cabai merah di tingkat pasaran di Kabupaten Karanganyar kian “pedas” mencapai Rp 30.000 atau naik hampir Rp 10.000 per kilogramnya. Kenaikan dipicu lantaran terjadi kelangkaan stok cabai merah di pasaran.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Pedagang cabai di sejumlah pasar tradisional di Karanganyar yang ditemui Espos, Kamis (8/12/2011) mengatakan kenaikan harga cabai terjadi sejak tiga hari terakhir. Semula harga cabai merah keriting dijual dengan harga Rp 20.000 naik menjadi Rp 27.000 per kilogram. Begitu juga dengan cabai merah besar yang pekan sebelumnya dijual dengan harga Rp 20.500 menjadi Rp 30.000 per kg. Sedangkan cabai rawit merah yang pekan lalu dijual dengan harga Rp 20.000 naik tipis menjadi Rp 25.000 per kilogramnya. Kemudian cabai rawit hijau maupun cabai hijau tidak mengalami kenaikan, yakni cabai rawit hijau Rp 8.000-Rp 10.000 per kg dan cabai hijau besar Rp 7.000 per kg.

“Kenaikan terjadi sekitar tiga hari lalu,” ujar pedagang cabai di Pasar Jungke, Sutarni, 48. Naiknya harga cabai merah ini, kata dia, disebabkan kelangkaan cabai merah di berbagai daerah penghasil seperti Tawangmangu, Magelang dan juga Pamekasan, Jawa Timur. Menurutnya, tidak sedikit petani yang gagal panen lantaran banyaknya cabai merah yang diserang hama sejak musim penghujan ini. Dia memprediksi kenaikan harga cabai akan terus berlangsung karena hujan masih melanda daerah itu. “Hingga saat ini belum ada cabai impor yang masuk. Biasanya masuk, kalau cabai lokal kosong,” imbuhnya.

Senada diungkapkan pedagang lain, Sayem, 50. Dia menuturkan kenaikan harga cabai terjadi setiap hari rata-rata berkisar Rp 1.000-Rp 3.000 per kilogram. Dia mengaku kesulitan mencari cabai merah yang menyebabkan harga cabai terus merangkak naik. Kenaikan harga cabai ini bahkan dikeluhkan masyarakat yang berbelanja.

“Tentunya menyulitkan kami. Wong masih banyak yang beli cabai Rp 500 thok. Sampai saya bilang sekarang tidak boleh Rp 500, minimal Rp 1.000. Itu pun hanya dapat tiga-empat cabai,” tuturnya.

Selain harga cabai yang melejit, dia menambahkan komoditas sayuran lain yang juga mengalami kenaikan adalah tomat. Tomat biasanya Rp 10.000 per kg, kini naik Rp 2.000 menjadi Rp 12.000 per kg. Sedangkan bawang putih maupun bawang merah relatif stabil, yakni bawang putih Rp 9.000 per kg dan bawang merah Rp 9.000 per kg.

isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya