SOLOPOS.COM - Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Klaten, Samsul Huda. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakosa)

Solopos.com, KLATEN — Tujuh hari berlalu sejak pendaftaran bakal calon anggota legislatif atau bacaleg DPRD Klaten untuk Pemilu 2024 dibuka, Senin (1/5/2023) lalu. Namun, belum ada satu pun partai politik (parpol) yang mengajukan daftar bacaleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten.

Kabar yang diperoleh Solopos.com, sejumlah parpol berencana mendaftarkan bacaleg mulai awal pekan ini. Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Klaten, Samsul Huda, mengatakan saban hari KPU berkomunikasi dengan pengurus parpol.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Hingga kini, para bacaleg serta parpol masih melengkapi berkas pendaftaran yang harus diunggah ke Sistem Informasi Pencalonan (Silon) KPU. “Sampai hari ini masih nihil [parpol mendaftarkan bacaleg ke KPU],” kata Samsul Huda saat dihubungi Solopos.com, Minggu (7/5/2023).

Namun, Samsul menjelaskan beberapa parpol sudah mengonfirmasi rencana pendaftaran bacaleg DPRD ke KPU Klaten. Setidaknya sudah ada empat parpol yang menyampaikan rencana jadwal pendaftaran ke KPU.

Dua parpol berencana mendaftar pada Senin (8/5/2023), kemudian satu parpol pada Rabu (10/5/2023), dan satu parpol pada Jumat (12/5/2023). “Untuk parpol lainnya belum. Ada yang menunggu instruksi dari DPP,” kata Samsul Huda.

Pendaftaran bacaleg ke KPU Klaten dibuka hingga 14 Mei 2023. Berbeda dengan pemilu sebelumnya, berkas persyaratan pendaftaran para bacaleg DPRD Klaten diunggah ke Silon KPU.

Alhasil, ketika mendaftar ke KPU tak perlu lagi membawa tumpukan berkas. Berkas fisik yang dibawa saat pendaftaran ke KPU hanya satu map berupa formulir pendaftaran dan formulir daftar calon.

Sebelumnya, Sekretaris DPC PDIP Klaten, Agus Riyanto, mengatakan rencananya ada 50 bacaleg yang didaftarkan ke KPU Klaten sesuai jumlah kursi di DPRD Klaten. Para Bacaleg masih melengkapi berkas persyaratan untuk pendaftaran melalui Silon.

Soal kapan mendaftar ke KPU, Agus menjelaskan DPC PDIP Klaten menunggu instruksi dari DPP PDIP. “Untuk pendaftaran ke KPU nanti menunggu instruksi dari DPP. Biasanya PDIP itu [pendaftaran] serentak di seluruh Indonesia,” kata Agus.

Ketua DPD Partai Golkar Klaten, Yoga Hardaya, juga mengatakan akan mendaftarkan 50 bacaleg DPRD ke KPU untuk Pemilu 2024. Para bacaleg itu berasal dari berbagai unsur, termasuk kalangan milenial.

“Kami utamakan Bacaleg ini dari unsur muda baik laki-laki maupun perempuan. Untuk milenial lebih dari 50 persen dari total bacaleg. Kami dalam rangka regenerasi dan saat ini yang muda itu energik serta lebih luas jangkuan dan wawasan,” kata Yoga yang juga Wakil Bupati Klaten.

Partai Golkar menargetkan lebih dari 10 kursi DPRD Klaten pada Pemilu 2024 mendatang. “Untuk pendaftaran ya dalam kurun waktu yang dijadwalkan dari KPU. Nanti kami kabari,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya