SOLOPOS.COM - Ilustrasi THR. (Istimewa/Freepik).

Solopos.com, WONOGIRI – Sebanyak 50 anggota dan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Wonogiri mendapatkan tunjangan hari raya atau THR Lebaran 2023. Masing-masing legislator rata-rata mendapat THR senilai Rp4 juta.

Sekretaris DPRD Wonogiri, Gatot Siswoyo, mengatakan THR DPRD Wonogiri terdiri atas tiga komponen yang meliputi uang representasi, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan. Nilai setiap komponen dari setiap anggota DPRD tidak selalu sama, bergantung dengan tugas dan jabatan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Tapi perbedaan nilai THR setiap anggota dan pimpinan DPRD tidak terlalu signifikan. Para anggota DPRD Wonogiri rata-rata mendapatkan THR Lebaran senilai Rp4 juta/orang. “Nilai THR paling tinggi Rp4.079.250. Itu untuk pimpinan,” kata Gatot saat ditemui Solopos.com di Kantor Sekretariat DPRD Wonogiri, Kamis (13/4/2023).

Sementara itu, untuk penghasilan anggota DPRD setiap bulan juga berbeda. Bergantung tugas, jabatan, dan komponen tunjangan. Menurut data Sekretariat DPRD Wonogiri, ada tujuh belas tunjangan dan satu uang representasi untuk penghasilan anggota DPRD Wonogiri.

Tunjangan komunikasi, perumahan, dan transportasi masing-masing anggota itu total nilainya mulai dari Rp10 juta/bulan-Rp15 juta/bulan bergantung tugas dan jabatan.

Penghasilan bersih anggota dan pimpinan DPRD Wonogiri juga bervariasi, mulai dari sekitar Rp24 juta/bulan-Rp31 juta/bulan sudah termasuk potongan pajak penghasilan. Penghasilan pimpinan DPRD Wonogiri tidak selalu lebih besar dibandingkan anggota.

Misalnya, Ketua DPRD Wonogiri, Sriyono, memiliki penghasilan bersih senilai Rp29,4 juta/bulan. Sementara anggota komisi I DPRD Wonogiri, Sardi, berpenghasilan senilai Rp31 juta/bulan. Adapun total anggaran untuk penghasilan seluruh anggota dan pimpinan DPRD Wonogiri mencapai Rp1,53 miliar/bulan.

Ketua DPRD Wonogiri, Sriyono, mengatakan saat momen Lebaran, biasanya dia dan keluarga bersilaturahmi kepada warga atau keluarga sekitar rumah saja. Kendati begitu, dia tidak pernah mengadakan open house secara besar-besaran.

Dia juga mengaku kerap memberikan sejumlah uang kepada anak-anak atau keponakan. “Kegiatan kalau Lebaran seperti orang pada umumnya. Kami bersilaturahmi kepada warga sekitar,” kata Sriyono.

Dia menambahkan, untuk manajemen THR para anggota DPRD diserahkan kepada masing-masing. Kepala Bidang Perbendaharaan dan Kas Daerah Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Wonogiri, Nurdiyatmi, menyampaikan THD DPRD Wonogiri sudah disalurkan pada Rabu (12/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya