SOLOPOS.COM - Pekerja memperbaiki jalan berlubang di ruas Juwiring-Kepoh, Kecamatan Juwiring, Klaten, Selasa (18/4/2023). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Klaten terus mengebut perbaikan jalan rusak di Klaten agar bisa dilewati pemudik Lebaran 2023 dengan mulus. Penambalan lubang di 98 ruas jalan itu ditargetkan selesai pada Rabu (19/4/2023).

Subkoordinator Pemeliharaan Jalan dan Jembatan DPUPR Klaten, Agus Setyana, menjelaskan perbaikan sudah dilakukan di 98 ruas jalan kabupaten dengan panjang total jalan hampir 200 km. Perbaikan dilakukan melalui paket pemeliharaan jalan yang sebelumnya melewati proses lelang.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Selain itu, perbaikan dilakukan oleh tim Sambang Dalan DPUPR memanfaatkan material cadangan. Proses perbaikan terus dikebut hingga Rabu (19/4/2023). Seperti perbaikan melalui paket pemeliharaan jalan di ruas Wonosari-Jelobo dan kegiatan pemeliharaan menggunakan cadangan material di ruas Kepoh-Juwiring.

Anggaran untuk kegiatan pemeliharaan rutin jalan kabupaten Klaten itu sekitar Rp14 miliar. “Mudah-mudahan menjelang puncak arus mudik Lebaran, jalan di Klaten sudah bisa nyaman dilintasi, sudah mulus lagi,” kata Agus saat ditemui di sela pengecekan penambalan jalan di ruas Kepoh-Juwiring, Selasa (18/4/2023).

Agus menjelaskan ada beberapa ruas jalan yang saat ini kondisinya belum diperbaiki secara keseluruhan. Kondisi itu terutama pada ruas jalan yang menjadi perlintasan truk pengangkut material tanah uruk tol. Seperti Jl Mpu Sedah di Kecamatan Klaten Selatan dan jalan raya Wedi-Bayat.

“Sekarang untuk perbaikan ruas jalan yang dilewati truk uruk tol oleh pelaksana proyek tol di Jl Mpu Sedah sekitar 80 persen. Sementara untuk jalan raya Wedi-Bayat itu tinggal 400 meter,” kata Agus.

Selain perbaikan jalan, Agus menjelaskan dilakukan pula perbaikan 32 lokasi gorong-gorong. Saat arus mudik Lebaran, sebagian gorong-gorong sudah rampung diperbaiki dan sebagian belum.

Sebelumnya, Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan kegiatan pemeliharaan jalan kabupaten di Klaten digelar merata di seluruh wilayah jelang Lebaran. Dia menjelaskan seluruh jalan kabupaten dalam kondisi baik jelang arus mudik. “Kami targetkan untuk perbaikan jalan-jalan sudah selesai sebelum arus mudik,” kata dia.

Sementara itu, Polres Klaten memastikan ruas jalan raya Solo-Jogja di wilayah Klaten sudah siap dilintasi arus mudik dan balik Lebaran 2023. Sebanyak 180 lubang di sepanjang jalan tersebut sudah ditambal.

“Kondisi jalan Jogja-Solo dari awal kami survei ada 180 titik jalan berlubang. Kemarin saya tegaskan ke pihak terkait dan kami cek kemarin sore sudah mulus semua setelah ditambal,” kata Kasatlantas Polres Klaten, AKP Sugiyanto, saat ditemui di Polres Klaten, Senin (17/4/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya