SOLOPOS.COM - Ilustrasi vaksinasi Covid-19. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO — Vaksinasi Covid-19 bagi sekitar 70.000 pelajar usia 12-17 tahun di Kota Solo mulai bergulir. Penyuntikan vaksin bagi pelajar perdana digelar di SMAN 3 Solo, Rabu (4/8/2021), dimulai dengan 500 peserta dari berbagai SMP dan SMA.

Bagi para pelajar penerima, vaksinasi Covid-19 adalah pemompa kepercayaan diri menghadapi virus corona sekaligus memompa harapan atas dibukanya kembali sekolah/pembelajaran tatap muka (PTM). Dengan divaksinasi, mereka merasa kerentanan atas paparan Covid-19 menurun.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Seperti diungkapkan salah satu peserta vaksinasi yang juga pelajar SMPN 10 Solo, Nur Seta AG. Vaksinasi dia yakini akan membuat badan lebih kuat menghadapi paparan virus Covid-19.

“Kalau divaksinasi badan jadi lebih kuat menghadapi virus. Jadi nanti tidak takut lagi kalau sudah mau masuk sekolah,” ujarnya usai mendapatkan vaksin Sinovac tersebut, Rabu.

Baca juga: Kabar Gembira, Bantuan Kuota Internet Berlanjut hingga November 2021

Tetapi menurutnya, meskipun sudah divaksinasi siapa pun harus tetap berhati-hati dan menerapkan protokol kesehatan. “Tetap harus hati-hati sih,” imbuhnya.

Peserta lainnya dari SMPN 7, Christina Margareta S mengaku vaksinasi membuat hati menjadi lebih tenang. Sebelum divaksinasi, ia merasa ada rasa waswas kalau akan beraktivitas di luar rumah.

“Rasanya senang bisa ikut vaksinasi karena membuat hati lebih tenang. Semoga semakin banyak yang divaksinasi dan bisa sekolah lagi,” ujar Christina.

Orang Tua Antusias

Sementara itu, di kalangan orang tua vaksinasi Covid-19 merupakan sebuah kebutuhan agar anak-anak mereka tidak terlalu rentan atas paparan Covid-19. Vaksinasi juga merupakan harapan besar akan dimulainya PTM.

“Kalau semuanya sudah divaksin mestinya anak-anak akan menjadi kuat dan mereka bisa belajar lagi di sekolah,” ujar Lina Mariyana, salah satu orang tua siswa. Lina juga mengaku sangat antusias mengantar anaknya yang mendapatkan jatah vaksinasi perdana tahap I itu.

Baca juga: FOTO : Vaksinasi Covid-19 Bagi Pelajar Kota Solo

Sementara itu, dari kalangan guru vaksinasi terhadap pelajar ini juga akan memberikan harapan baru segera dimulainya PTM.

“Bagaimana pun, pembelajaran yang maksimal lewat tatap muka. Tapi kondisi saat ini memang belum memungkinkan. Semoga dengan vaksinasi pelajar ini imunitas pelajar dan juga masyarakat semakin meningkat sehingga PTM segera bisa dimulai,” ujar guru olahraga SMPN 9 Solo, Nugroho Miewanto.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Solo Etty Retnowati mengatakan, vaksinasi Covid-19 bagi pelajar akan dilanjutkan secara bertahap sesuai dengan ketersediaan vaksin. Selanjutnya, vaksinasi dilakukan di Sentra Vaksinasi Grha Wisata.

“Untuk pelajar ini kami lanjutkan secara bertahap. Pokoknya kalau ada jatah vaksin, siswa kami siapkan,” ujar Etty.

Vaksinasi Covid-19 bagi pelajar itu para Rabu juga ditinjau Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Hati-Hati, Risiko Kematian Akibat Covid-19 Bergeser dari Lansia ke Usia Produktif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya