SOLOPOS.COM - Sejumlah sukarelawan Pendowo 08 Kota Solo mendeklarasikan dukungan untuk Sudaryono sebagai Calon gubernur (Cagub) Jawa Tengah (Jateng) di Posko Pemenangan Mas Dar Kota Solo, Kamis (13/6/2024) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Sukarelawan pendukung bakal Calon Gubernur (Cagub) Jawa Tengah (Jateng), Sudaryono, terus menggenjot pergerakan di lapangan seiring munculnya isu Ketua DPD Partai Gerindra Jateng itu mundur dari bursa Pilkada Jateng 2024.

Seperti yang dilakukan seratusan orang mendeklarasikan organisasi sukarelawan Pendowo 08 Kota Solo di Posko Pemenangan Mas Dar Kota Solo, Kamis (13/6/2024). Mereka siap tancap gaspol, dan rem blong untuk memenangkan Sudaryono.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Ini kumpul-kumpul [deklarasi] sekaligus meminimalisasi informasi di lapangan bahwa Mas Dar tidak maju sebagai Cagub. Kami perkuat terus jaringan di lapangan untuk menyampaikan ke masyarakat bahwa Mas Dar tetap akan maju sebagai Cagub Jateng. Ini Perintah Pak Prabowo,” ujar Ketua Dewan Pembina DPP Pendowo 08, Don Muzakir.

Dia menyatakan tidak benar kabar yang menyebutkan bahwa Sudaryono akan ditarik ke Jakarta. “Kami masih berkomitmen, Mas Dar berkomitmen, menjalankan aktivitas konsolidasi dengan ulama-ulama, tokoh-tokoh masyarakat, dan akar rumput. Kami relawan melakukan penggalangan kekuatan di simpul hingga tingkat desa,” tutur dia.

Ihwal partai politik (Parpol) pengusung Sudaryono, menurut Don, koalisi Partai Gerindra dan Partai Demokrat. Tapi menurut dia sangat memungkinkan ada partai-partai lain akan bergabung dalam koalisi itu. “Ada PPP, Nasdem mungkin akan balik ke kami. PAN balik ke Pak Luthfi ya silakan. Politik itu bisa berubah setiap saat,” imbuh dia.

Penuturan senada disampaikan Ketua Umum Relawan Pendowo 08, Imam Susanto. Menurut dia, anggota Pendowo 08 merupakan sukarelawan pendukung Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024. Saat itu organisasi sukarelawan itu terbentuk di 35 kabupaten/kota di Jateng. Dalam Pilkada Jateng 2024 mereka bergerak untuk Sudaryono.

“Untuk Pilkada ini yang sudah deklarasi di Kabupaten Magelang, Batang, Tegal, Pemalang, dan Solo ini yang kelima. Berikutnya di DPC-DPC lain sudah terjadwal,” kata dia.

Dalam penggalangan dukungan di lapangan, Imam mengatakan pihaknya menyampaikan ke masyarakat pentingnya sosok orang Prabowo.

“Kami sampaikan masih untuk sinkronisasi dari program DPP, agar bisa terlaksana di daerah, kita sosialisasikan untuk sinkronisasi artinya harusnya orang-orangnya Pak Prabowo di daerah, termasuk Mas Dar yang dtunjuk di Jateng,” kata dia. Ihwal anggota sukarelawan Pendowo 08 menurut Imam berasal dari berbagai kalangan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya