SOLOPOS.COM - Pengurus Kampung Moderasi Beragama di Kelurahan Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Solo. Foto diambil belum lama ini. (Istimewa/Asthywiana Swastiyani Leo)

Solopos.com, SOLO– Kementerian Agama telah mencanangkan dua Kampung Moderasi Beragama di Kota Solo tahun lalu. Salah satu tujuannya mendukung Kota Solo menjadi kota toleran.

Dua Kampung Moderasi Beragama Kota Solo itu berlokasi di Kelurahan Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, dan Kelurahan Kratonan, Kecamatan Serengan Solo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Lurah Sudiroprajan Asthywiana Swastiyani Leo menjelaskan Kantor Kementerian Agama Kota Solo menunjuk beberapa keurahan yang merepresentasikan nilai keagamaan dalam kemajemukan masyarakat.

“Sudiroprajan menjadi salah satu kampung moderasi agama, di RW VII Sudiroprajan ada tiga rumah ibadah yang berdekatan, yakni GBI Balong, Kapel Sudiroprajan, dan Masjid Nurul Huda Sudiroprajan,” jelas dia kepada Solopos.com, Kamis (21/3/2024).

Menurut dia, Kemenag Solo meminta dibangun posko di wilayah setempat untuk kegiatan masyarakat khususnya kegiatan keagamaan. Kelurahan Sudiroprajan tempatnya terbatas namun sedang mempersiapkan.

“Kegiatan-kegiatan sampai saat ini baru penyampaian ucapan hari besar keagamaan melalui spanduk berjenis MMT. Program secara spesifik belum ada, pendampingan belum selesai,” papar dia.

Dia mengatakan warga memiliki tanggung jawab menjalankan nilai toleransi di wilayah kampung. Pemerintah kelurahan memberdayakan masyarakat supaya Solo menjadi Kota Toleran.

Kepala Kantor Kemenag Solo Hidayat Maskur melalui akun Instagram Kemenag Solo menjelaskan moderasi beragama menempatkan setiap warga bisa beribadah dengan sebaik-baiknya namun tidak mengganggu kepentingan umum.

Dia mendorong Kota Solo tetap dan selalu rukun antar umat beragama yang nantinya bisa menjadi contoh bagi kota-kota lainnya. Peluncuran dan sosialisasi Kampung Moderasi Beragama merupakan langkah penting dalam membangun harmoni dan pemahaman keagamaan dalam masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya