SOLOPOS.COM - Memperbaiki Rumah (Foto: Muhammad Khamdi)

Memperbaiki Rumah (Foto: Muhammad Khamdi)

Puing-puing bambu tergeletak di sekitar rumah Suparno, 48, yang berada di pinggir Jalan Raya Klaten-Jatinom, Desa Kwaren, Kelurahan Gergunung, Klaten Utara.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Beberapa orang membuat adonan pasir dan sebagian lain menggergaji bambu untuk memperbaiki rumah yang rusak berat terbakar api yang bersumber dari ledakan kembang api pada Jumat (5/8/2011) petang lalu.

Puluhan warga dan sebagian pengguna jalan meluangkan waktu sejenak melihat kondisi rumah Suparno dan Suwarni, 46. Rumah berukuran 6 m X 12 m itu hampir separuhnya ludes dilalap si jago merah. Raut kesedihan tampak dari wajah Suparno.

”Namanya musibah, kami semua nggak tahu,” ujar Suparno membuka perbincangan dengan Espos, Minggu (7/8/2011).

Suparno mengakui dirinya berjualan kembang api sejak 2010. Pekerjaan Suparno  sebenarnya sebagai salesman, dia berjualan kembang api untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

”Barang dagangan ini saya jual pada Ramadan saja, itu pun hanya untuk mengisi kekosongan waktu luang istri saya yang sebelum Ramadan berjualan bubur beras di depan teras rumah ini, kalau Bulan Puasa tutup,” terang Suparno sembari menunjukkan bekas tempat berjualan bubur beras yang ikut ludes terbakar.

Barang dagangan kembang api itu, papar Suparno, dijual seharga Rp 5.000-Rp 50.000 per biji, tergantung variasi ledakan. Dia mengelak dikatakan berjualan petasan.

“Saya sudah tahu berjualan petasan itu dilarang. Saya hanya berjualan kembang api,” paparnya.

Sampai hari kelima Ramadan, Suparno mengatakan sebanyak 50-an biji kembang api telah terjual. Ia hanya mengambil keuntungan sebesar 10% dari harga perkulakan  di agen. Ungkapan penyesalan berulang kali terucap dari mulut Suparno.

Maksud hati Suparno untuk mendapatkan penghasilan tambahan terhenti total. “Untung tak seberapa, namun risikonya seperti ini. Saya tidak mau lagi berjualan kembang api. Kalau ada uang, lebih baik berjualan barang dagangan yang tidak membahayakan saja,” ujarnya dalam bahasa Jawa.

Sementara itu, di sekitar lokasi kejadian terlihat beberapa rombongan orang silih berganti menanyakan keadaan rumah Suparno yang terbakar. Puluhan orang itu ternyata tetangga Suparno dan kerabat dari Dukuh Gubukan, Desa Pandeyan, Kecamatan Jatinom.

(Muhammad Khamdi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya