SOLOPOS.COM - Sarasehan suporter sepakbola dari Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar) digelar di Kelana Kopi Manahan Solo, Kamis (30/11/2023) sore. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Ratusan suporter atau fans sepak bola dari Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar) melakukan sarasehan bertajuk Masa Depan Sepak Bola Indonesia di Mata Fans Bola Joglosemar, Kamis (30/11/2023) sore, di Kelana Kopi Solo.

Acara itu diselenggarakan oleh DPW Rumah Keluarga Bersama (RKB) Jawa Tengah (Jateng). Yang menjadi pembicara sarasehan adalah para pentolan dan sesepuh suporter sepak bola Joglosemar.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

RKB merasa terpanggil untuk menggelar sarasehan sebagai bukti kepedulian organisasi terhadap anak muda. Terlebih RKB sangat mendukung peningkatan prestasi sepak bola Indonesia. Acara itu juga upaya RKB untuk mendekati generasi muda.

Sebab RKB adalah rumah relawan pemenangan bersama pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Generasi muda utamanya generasi milenial dan Gen Z punya peran penting di Pemilu 2024 karena menjadi pemilih mayoritas.

Sarasehan berlangsung hangat membahas sejumlah isu strategis persepakbolaan Tanah Air. Mulai dari penyelenggaraan Piala Dunia U-17, batalnya Piala Dunia U-20, prestasi tim nasional (timnas), hingga potensi persepakbolaan Tanah Air.

“Para suporter sangat penting. Mereka akan meningkatkan militansi, kualitas, dorongan untuk lebih memajukan sepak bola nasional. Dan sepak bola menggerakkan ekonomi, UMKM agar menjadi lebih hidup,” ujar Pembina RKB, Herwin Suparjo.

Dia meyakini olahraga nasional utamanya sepak bola akan semakin maju di bawah kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming. Untuk itu unek-unek dari para suporter dalam sarasehan akan disampaikan ke atas.

“Unek-unek dari teman-teman akan kami sampaikan kepada Prabowo-Gibran. Dan kegiatan ini pasti akan didengar juga,” kata dia. Penuturan senada disampaikan Ketua RKB Jateng, Bayu Kusuma Adi, selaku penyelenggara sarasehan fans sepak bola.

“Saya sebagai salah satu suporter yakin ke depan sepakbola Indonesia akan lebih baik. Kita sebagai suporter senang bisa berkunjung ke suporter lawan, dan izin-izin dipermudah. Saya akan sampaikan aspirasi ini kepada Prabowo-Gibran,” kata dia.

Sedangkan, Maryadi Gondrong selaku suporter sepak bola Solo, menyatakan ingin ikut bersukaria dalam pesta demokrasi 2024. Dia mendukung pasangan Prabowo-Gibran untuk melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan nasional ke depannya.

Dia mendukung Gibran karena telah membawa Persis Solo promosi ke Liga 1. Dia berharap Persis Solo semakin maju hingga tingkat ASEAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya