SOLOPOS.COM - Pemilihan Duta Genre Kabupaten Sragen 2022. (Instagram/@sragenkita)

Solopos.com, SRAGEN — Pendaftaran Pemilihan Duta Genre Kabupaten Sragen 2022 diperpanjang hingga 28 Juli 2022. Harapannya, dengan perpanjangan masa pendaftaran ini bisa menjangkau para remaja lebih luas ikut ikut serta.

Duta Genre ini digelar Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Sragen. Duta Genre terpilih nantinya memiliki tugas utama. Yakni mengajak remaja menjauhi tiga permasalahan utama, yaitu perkawinan usia anak, seks bebas, dan penyalahgunaan napza.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Duta GenRe Putri Kabupaten Sragen 2021, Zainun Dwiyana, mengatakan karena sasarannya anak-anak remaja, maka peserta Duta Genre ini pun wajib dari kalangan remaja. Mereka harus berusia 16-22 tahun dan belum menikah.

Upaya untuk menjaring banyak peserta dilakukan secara daring dan luring. Kegiatan luring di antaranya berupa sosialisasi ke tingkat desa dengan menyasar karang taruna, masuk ke sekolah-sekolah dengan memanfaatkan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dan lainnya.

“Harapannya antusias para remaja untuk ikut pemilihan Duta Genre Kabupaten Sragen tahun 2022 bisa meningkat. Karena memang di Sragen, pemilihan Duta Genre belum begitu dikenal, tak seperti Duta Wisata,” ujarnya Zainun saat dihubungi Solopos.com melalui direct message Instagram , Kamis (21/7/2022).

Baca Juga: Pemkab Gelar Lomba Foto Wisata Boyolali Hadiah Rp12 Juta, Ini Syaratnya

Sementara Duta Genre Putra Sragen 2021, Agung Pamuji, mengatakan mekanisme pemilihan kali ini berbeda dengan tahun lalu. Dulu, hanya ada seleksi internal, tidak dibuka secara umum. Sekarang, lebih terbuka. Siapa saja yang memenuhi persyaratan bisa mendaftar.  

“Antusias para pendaftar juga lumayan banyak di Pemilihan Duta GenRe Sragen 2022, karena memang ini perdana diadakan [secara terbuka],” tambahnya.

Rangkaian kegiatan Pemilihan Duta GenRe Sragen dimulai dengan pendaftaran dari 25 Juni 2022 hingga 28 Juli 2022. Seleksi dan pengumuman finalis akan dilakukan pada 30 Juli 2022.

Selanjutnya Karantina Grand Final akan dilakukan pada 16-17 Agustus 2022. Puncaknya, yakni acara Grand Final dilaksanakan pada 20 Agustus 2022.

Baca Juga: Surat untuk Bunda Selvi: Saat Besar Nanti, Jessy Ingin Seperti Bunda…

Pendaftaran dilakukan dengan mengunduh berkas terlebih dahulu di laman bit.ly/FormulirGenre2022 dan laman pendaftarannya di bit.ly/PendaftaranGenre2022.

Pendaftaran ini dikenai biaya sebesar Rp25.000, kemudian syarat dan ketentuan mengikuti seleksi ini yaitu;

— Berusia 16-22 tahun dan belum menikah

— Sehat jasmani dan rohani

— Menghindari perkawinan usia anak, seks bebas, dan NAPZA serta belum menikah

— Memiliki akun media sosial

— Minimal tinggi badan laki-laki 160 cm dan perempuan 155 cm.

Syarat administrasi pendaftar Duta GenRe Sragen, meliputi;

— Fotokopi KTP/ Kartu Pelajar

— Mengisi formulir pendaftaran

— Surat izin orang tua

— Pas foto berwarna 3×4 (dua lembar)

— Foto full badan berwarna ukuran 3R (dua lembar)



— Fotokopi piagam penghargaan jika memiliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya